Begini Manfaat Mendaki Gunung bagi Kehidupan

Berita, Ragam348 Dilihat

Jakarta, hainews.id –  Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang cukup digemari oleh beragam kalangan seperti pelajar, karyawan, pengusaha. Bahkan, lansia ada yang masih sanggup mendaki gunung.

Mendaki gunung sendiri pada dasarnya memiliki berbagai macam manfaat. Manfaat ini ada yang langsung dapat dirasakan dan ada yang tidak dirasakan secara langsung.

Selain menyehatkan, berikut manfaat mendaki gunung yang patut diketahui. Informasi ini dirangkum dari berbagai sumber, di antaranya:

 

1. Metode penyembuhan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat fisik mendaki gunung dapat meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan, mendaki gunung dapat membantu pasien kanker untuk sembuh.

Kesimpulan ini muncul dalam penelitian yang diterbitkan International Journal of Sport Medicine. Peneliti mengukur stres oksidatif, yang diduga berperan dalam berkembang dan kambuhnya kanker.

Mereka mengukur tingkat kanker payudara wanita dan kanker prostat pria sebelum dan sesudah hiking. Studi menemukan jauhnya jarak pendakian dapat meningkatkan kapasitas antioksidan, yang membantu melawan penyakit dalam darah pasien onkologi.

 

2. Membahagiakan diri

Penelitian menunjukkan bahwa mendaki gunung dapat menjadi terapi tambahan. Ini juga membantu orang yang sedang depresi berat yang disertai dengan rasa putus asa.

Bagi mereka yang tidak menderita depresi, mendaki gunung pun bisa membantu memperbaiki kondisi mental. Mereka dapat menikmati berada di alam, yang jauh dari bisnis di kehidupan sehari-hari dan teknologi.

Mendaki gunung juga dapat memungkinkan orang berinteraksi dengan diri mereka sendiri dan alam. Dengan cara ini, mereka dapat menciptakan rasa kedamaian dan memunculkan rasa kesejahteraan.

 

3. Meningkatkan kreatifitas

Penelitian menunjukkan menghabiskan waktu di luar rumah meningkatkan kepekaan dan kreativitas hingga 50 persen dalam memecahkan masalah. Para peneliti juga menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam bisa menjauhkan seseorang dari manfaat buruk teknologi.

Ini menjadi cara untuk menunjukkan bahwa berinteraksi dengan alam menguntungkan dalam meningkatkan kreativitas. Sedikit interaksi dengan teknologi, fokus dengan alam dan udara segar, adalah faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kreativitas tersebut.

 

4. Memperkuat otot-otot kaki

Kegiatan mendaki yang dilakukan secara rutin akan memperkuat otot kaki. Cara ini juga dapat memperkuat tulang, sehingga mampu memperkecil risiko terkena osteoporosis.

 

5. Membentuk mental dan pikiran yang kuat dan sehat

Mendaki juga sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter, mental, dan pikiran yang kuat serta tegas. Mendaki membutuhkan keahlian mengelola insting dan emosi yang baik.

Dengan sering mendaki, maka pengelolaan insting, mental, dan emosi akan terasah dengan baik. Sportivitas, kerja sama, kepemimpinan adalah beberapa hal yang membuat mental dan pikiran menjadi sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 komentar