Dari TNI Hingga Mahasiswa, PLN UID S2JB Ajak Ratusan Simpatisan Gelar Aksi Coastal Clean Up di Peringatan Hari Lingkungan Hidup

Berita, Daerah, Ekonomi73 Dilihat

Bengkulu, hainews.id – Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, PLN bersama jajaran stakeholder, para mahasiswa, serta komunitas penggiat lingkungan LATUN (Lestari Alam Laut Untuk Negeri) melakukan aksi bersih-bersih Pantai Tapak Paderi, Kota Bengkulu. Tidak kurang dari 50 pegawai PLN UP3 Bengkulu serta 100 mahasiswa dan penggiat lingkungan di Kota Bengkulu terlibat dalam aksi cinta lingkungan dan telah menyusuri Pantai Tapak Paderi sepanjang 2 kilometer.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran stakeholder diantaranya BKSDA Bengkulu, BPDAS Hutan Lindung Bengkulu, BASARNAS Provinsi Bengkulu, Lanal Bengkulu, BMKG, Kodim 0407/Kota Bengkulu, Direktur LATUN, dan Manajer Program Konservasi Kawasan Pesisir LATUN.

Aksi Bersih Pantai Tapak Paderi Kota Bengkulu menjadi bagian dari Kegiatan Coastal Clean Up (CCU) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Secara Nasional, Coastal Clean Up dilaksanakan di 135 titik yang tersebar di 38 provinsi seluruh Indonesia.

Para peserta kegiatan Coastal Clean Up hari ini telah berhasil mengumpulkan 183,3 Kg sampah organik dan 221,3 Kg sampah anorganik yang tersebar sepanjang pesisir pantai tapak paderi.

Manager Program Konservasi Kawasan Pesisir LATUN, Refky Zulhendri samgat mengapresiasi PLN atas aksi peduli lingkungan yang dilaksanakan di Provinsi Bengkulu.

“Kami dari LATUN sangat mengapresiasi PLN atas sinergi dan dukungannya membantu rangkaian kegiatan bersih-bersih Pantai di Kota Bangkulu dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023 ini. Penanggulangan masalah sampah, khususnya sampah plastik yang mengotori pantai memerlukan kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan para stakeholder terkait” ungkap Refky.

Dandim 0407/Kota Bengkulu, Letkol Kav Widodo Pujianto, S.H., sangat senang dapat terlibat dalam aksi peduli lingkungan tersebut.

“Kami senang, Kodim 0407/Kota Bengkulu dilibatkan dalam aksi peduli lingkungan ini. Kegiatan bersih-bersih pantai inimerupakan sarana edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mencegah pencemaran di pesisir pantai” kata Widodo.

General Managaer PLN UID S2JB, Amris Adnan, mengatakan bahwa aksi peduli lingkungan ini merupakan komitmen program prioritas dalam TJSL PLN.

“Kegiatan ini bukti komitmen PLN terhadap kepedulian lingkungan yang merupakan salah satu dari tiga program prioritas Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), disamping pendidikan dan UMKM” ucap Amris.

Amris berharap aksi seperti ini dapat berlangsung kontinyu sehingga meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

“Aksi kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut secara kontinu dan juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar maupun pengunjung untuk selalu senantiasa peduli akan kebersihan dan kelestarian ekosistem laut dengan cara membuang sampah pada tempatnya” imbuhnya. (**)