Kloter 14 Masuk Asrama Haji, 95 Jemaah Melalui Fast Track

Berita, Palembang141 Dilihat

Palembang, hainews.id – Sebanyak 95 dari 359 jemaah kelompok terbang (kloter) 14 Embarkasi Palembang melalui fast track saat tiba di Asrama Haji Palembang, Minggu (11/06). Mereka merupakan jemaah termasuk kategori lansia dengan usia di atas 70 tahun serta jemaah yang menggunakan kursi roda dan tongkat.

Jemaah kloter 14 ini merupakan jemaah asal Palembang, Pagaralam dan Ogan Komering Ulu (OKU). Jemaah asal OKU tiba di asrama haji lebih awal yaitu pukul 03:00 WIB, disusul jemaah asal Kota Pagaralam pada pukul 06:30 WIB dan terakhir jemaah asal Palembang pukul 07:30 WIB.

Kedatangan jemaah kloter 14 disambut Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang. Turut hadir menyambut jemaah kloter 14 kepala Kantor Kemenag Kabupaten OKU H. Muhammad Ali, Kepala Kemenag Kota Pagaralam H. Santoso, Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil, Direktur Pengelola Asrama Haji Rebo Iskandar.

Jemaah kloter 14, Muhammad Ali menjelaskan bahwa rombongan jemaah haji asal OKU dilepas keberangkatannya dari Baturaja tadi malam pukul 20:00 WIB, sehingga rombongan OKU tiba lebih awal dari jadwal. “Semalam jemaah OKU dilepas oleh bupati,” ujar Ali.

Terkait layanan haji, Ali menjelaskan bahwa berbagai layanan haji terus dipermudah bagi jemaahnya. Diantaranya bimbingan manasik gratis sepanjang tahun bagi seluruh jemaah haji yang telah mendaftar terlepas tahun berapapun mereka akan berangkat. Selain itu proses pendaftaran haji akan disiapkan pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kemenag OKU.

“Manasik haji gratis sepanjang tahun dilaksanakan di tiap kecamatan dan di tingkat Kabupaten dapat diikuti oleh seluruh jemaah yang sudah mendaftar. Meskipun mereka masih lama berangkatnya tetap bisa ikut manasik tersebut,” pungkas dia. (**)