Melihat Tradisi Unik Imlek di Berbagai Negara

Berita, Ragam549 Dilihat

hainews.id – Tahun Baru Imlek dimulai pada 22 Januari 2023. Perayaannya kental dengan akulturasi antara budaya Tionghoa dengan budaya setempat.

Terdapat tradisi unik imlek di beberapa negara. Berikut daftar tradisi imlek.

1. Tiongkok
Di Tiongkok, makanan khas Imlek yang disajikan biasanya adalah sup bola beras ketan. Lalu kue beras berbentuk bulan (kue Tahun baru), dan pangsit (Jiozi dalam Bahasa mandarin).

Terdapat santapan ikan sebagai makanan terakhir pada malam tahun baru untuk keberuntungan. Dalam bahasa Tionghoa, pengucapan ‘ikan’ sama dengan pengucapan kata ‘kelimpahan’.

Pada akhir perayaan Imlek, terdapat Festival Lampion, parade, tarian, permainan, dan kembang api. Kegiatan dirayakan pada hari terakhir perayaan Tahun Baru.

2. Korea
Di Korea, perayaan Tahun Baru Imlek biasa disebut dengan Seollal dan biasanya ada hari libur selama tiga hari. Perayaan Tahun Baru Imlek di Korea pernah dihentikan dari tahun 1910-1945.

Lalu, perayaan Seollal secara resmi dihidupkan kembali pada tahun 1989. Meskipun banyak keluarga sudah mulai melakukannya lagi.

Di Korea Utara mulai merayakan Tahun Baru Imlek menurut kalender lunar pada 2003. Sebelumnya, warga Korea Utara dianjurkan mengunjungi patung pendiri Kim Il Sung selama liburan dan memberikan persembahan bunga.

Berpergian kurang umum di Korea Utara dan keluarga. Sehingga cenderung merayakan liburan Imlek di rumah.

3. Filipina
Masyarakat Tionghoa di Filipina biasanya mengunjungi Binondo. Yaitu salah satu Kawasan pecinan tertua di dunia saat perayaan Imlek.

Di jalanan Binondo akan penuh dengan rombongan yang membawakan tarian singa dan naga. Serta dipadu dekorasi yang serba merah.

Makanan bernama tikoy, atau kue beras ketan menjadi makanan pokok yang membanjiri pasar. Makan malam dengan menyajikan tikoy melambangkan persatuan di antara anggota keluarga.

4. Vietnam
Dalam perayaan liburan di Vietnam, rumah-rumah dihiasi dengan pohon kumquat. Serta bunga-bunga seperti persik, krisan, anggrek, dan gladiola merah.

Di Vietnam juga terjadi arus mudik besar-besaran selama liburan. Hal itu karena anggota keluarga berkumpul untuk merayakan tahun baru.

Vietnam menyebut Tahun Baru Imlek dengan Tet atau Tet Nguyen Dan. Hidangan yang disajikan saat imlek umumnya adalah kue beras yang terbuat dari kacang hijau.

5. Singapura
Imlek dirayakan dengan makan malam bersama keluarga yang disebut dengan tuan yuan. Makanan yang disajikan umumnya lumut laut kering (facia), kurma merah, kacang kering (fuzhu).

Saat Imlek biasanya anak-anak memberi hormat kepada orang tua. Serta menerima uang Tahun Baru atau angpao (hongbao).

Biasanya ada festival Singapore River Hong Bao yang dilakukan sejak 1987. Festival ini menampilakn berbagai budaya Tiongkok, mulai dari lentera raksasa hingga makanan spesial.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 komentar