Menpora Dito Ariotedjo Puji Kesiapan Sumsel Jadi Tuan Rumah POPNAS XVI  

Palembang, Hainews.id – Evant Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS XVI) 2023  kembali digelar menjadikan Provinsi Sumatera Selatan sebagai yuan rumah yang akan berlangsung selama sepekan dimulai tanggal 27 Agustus hingga  3 September 2023 mendatang.

Pada  POPNAS XVI melibatkan lebih dari 7000 atlet dan official berasal dari 34 Provinsi se Indonesia tersebut mempertandingkan 22 Cabang Olahraga (Cabor) dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI,  Dito Ariotedjo didampingi Gubernur Sumsel H Herman Deru yang  ditandai dengan menyalakan obor  dan defile kontingen bertempat di PSCC Palembang, Minggu (27/8) malam.

Menpora RI, Dito Ariotedjo dalam sambutannnya mengapresiasi  kesiapan Provinsi  Sumsel yang begitu luar biasa selaku tuan rumah dalam mensyukseskan  rumah event olahraga tingkat nasional tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mengpresiasi Provinsi  Sumsel yang telah menyiapkan POPNAS XVI dengan sangat baik,” ucap Menpora.

Menpora RI  sangat yakin penyelenggaraan POPNAS di Sumsel akan berjalan lancar dan sukses mengingat Provinsi ini sudah  berpengalaman selaku tuan rumah event skala olahraga level  nasional dan internasional

“Kita dorong Sumsel dengan keberadaan Jakabaring Sport City (JSC) dengan  fasilitas olahraga yang lengkap sebagai pusat  kegiatan olahraga ditingkat Internasional,”  tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Menpora  mengapresiasi  tiga provinsi yang telah mengirimkan atlet terbanyak pada ajang POPNAS kali ini yaitu Provinsi Sumsel 371 atlet, Jabar 368 atlet dan DKI Jakarta 349 atlet.

“POPNAS adalah tonggak  sejarah untuk mengukir prestasi bagi para atlet junior kita. Ini adalah batu loncatan untuk bertanding di multievent yang lebih besar lagi,” imbuhnya.

Dito menambahkan, POPNAS ini sebagai ajang  pembinaan bagi para muda dari kalangan  atlet pelajar  dalam  mengasah talenta skill  sekaligus sebagai latihan  peyiapan mental berlaga di level yang lebih tinggi.

“Jadi perhelatan POPNAS ini sangatlah penting dalam  memberikan pengalaman yang berharga bagi para pelajar,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengucapkan atas ditunjuknya Sumsel sebagai tuan rumah POPNAS XVI.

“Kami warga Sumsel mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora, Kementerian Pendidikan untuk menyelenggara Popnas XVI di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan,” ucap Herman Deru.

Dirinya menjamin sebagai tuan rumah Sumsel akan berupaya memberikan layanan yang terbaik bagi para tamu atlet dan official mulai dari pembukaa, pelaksanaan  pertandingan hingga penutupan nantinya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat, khususnya atlet pelajar Sumsel mari berjuang untuk menang dengan  tetap  menjunjung semangat  sportifitas,” tegas Herman Deru.

Dilain pihak  Sekda Provinsi Sumsel yang juga selaku Ketua Pelaksana Popnas XVI, S.A Supriono menyebut tujuandigelarnya  Popnas XVI untuk meningkatkan prestasi olahraga dikalangan pelajar, serta mempersiapkan para atlet pelajar untuk berbagai kegiatan baik Nasional ataupun Internasional.

“Ada 22 cabor yang dipertandingkan pada Popnas di Palembang kali ini, masing-masing  judo, tinju, kempo, tenis lapangan, sepak bola, sepak takraw, voli indoor, bola basket, wushu, taekwondo, senam, renang, pencak silat, panjat tebing, panahan, menembak, karate, dayung, balap sepeda, buluntangkis, atletik dan angkat besi,” pungkasnya. (**)