Tambah Kenyamanan Pengguna Motor Listrik, Kini Battery Swap Station Sudah Bisa Dinikmati Masyarakat Kabupaten Bungo di 3 Lokasi

Berita, Ekonomi66 Dilihat

Muara Bungo, hainews.id – Wujud komitmen terhadap lingkungan untuk mendukung Net Zero Emission 2060, PLN berupaya menekan emisi gas buang karbon dengan mendukung proses percepatan kendaraan listrik melalui penyediaan fasilitas pertukaran baterai SWAP. Tidak hanya di ibu kota provinsi, masyarakat Muara Bungo kini juga dapat menikmati fasilitas SWAP yang disediakan PLN.

SWAP Battery System merupakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang khusus dipergunakan untuk mengisi baterai motor listrik Smoot Tempur, dengan cara menukar baterai yang sudah habis dengan baterai yang baru. Konsep ini membuat para pemilik motor listrik tidak perlu lagi menunggu lama untuk mengisi baterai di rumah atau SPKLU. Sistem pengisian baterai ini dapat dinikmati oleh pengguna motor listrik dengan jenis baterai removable atau bisa dicopot. Baterai yang sudah terpakai bisa ditukar dengan yang sudah terisi penuh di SWAPPoin.

Di kawasan Muara Bungo, sudah terdapat 3 titik SWAPPoint dengan total daya tersambung 6.600 VA. 3 titik tersebut berlokasi di showroom motor Smoot Electric dengan kapasitas 8 port, kantor JNE SKB kapasitas 3 port, dan di kantor PLN ULP Kota Bungo dengan kapasitas 3 port. Satu baterai SWAP dalam kondisi penuh mampu menempuh jarak hingga 60 km. Untuk menukar baterai SWAP tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Pemilik showroom, Rico mengatakan bahwa masyarakat Muara Bungo sangat antusias dengan hadirnya SWAP station motor listrik ini.

“Saya berterima kasih atas pelayanan yang diberikan dari rekan-rekan PLN, kedepannya kami akan terus menambah SWAP Station motor listrik ini. Sudah lumayan banyak masyarakat yang bertanya dan antusias ingin tahu twntang motor listrik. Mohon bantuan dan dukungannya kembali agar motor listrik ini semakin lebih diminati.” ujarnya.

Tingginya peminat motor listrik terlihat dalam 2 (dua) bulan terakhir, dengan terjualnya hampir 20 unit motor listrik, belum termasuk calon pembeli yang sedang dalam proses verifikasi berkas. Adanya kemudahan sistem SWAP yang aman mudah dan cepat dalam penggantian baterai menjadikan motor listrik pilihan tepat anti ribet.

General Manager PLN UID S2JB, Amris Sdnan mengatakan, PLN UID S2JB berkomitmen untuk mendorong percepatan transisi energi dinwilayah kerjanya.

“Dengan adanya stasiun baterai swap ini, maka akan memudahkan mayarakat dalam menggunakan kendaraan listrik, karena ketika baterai habis, bisa langsung ditukar dengan baterai baru tanpa membutuhkan waktu yang lama. Penyediaan fasilitas SWAP ini menjadi komitmen kami dalam transisi energi. Semoga langkah ini dapat mendorong transisi energi di Muara Bungo” ujar Amris.