Bawaslu Empat Lawang Segera Merekrut 1.024 Orang Pengawas TPS

Berita, Politik16 Dilihat

Empat Lawang, Hainews.id – Bawaslu Kabupaten Empat Lawang segera melakukan perekrutan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) menjelang Pemilu serentak pada 14 Februari 2024 mendatang. Dimana PTPS akan bertugas untuk mengawasi setiap TPS.

Koordinator Divisi SDM, Bawaslu Sumbawa, Empat Lawang, Rodi Karnain mengatakan, selain Panwascam dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), pihaknya juga menempatkan PTPS untuk melakukan pengawasan di TPS.

Adapun jumlah PTPS yang didirektur sebanyak 1.244 orang. Mereka akan bertugas melakukan pengawasan di TPS masing-masing wilayah. Pengawasan dilakukan mulai dari pendistribusian logistik, pungut hitung dan rekapitulasi perhitungan suara.

“Yang akan merekrut ini adalah Panwascam di masing-masing kecamatan. Nanti mereka akan bertugas 23 hari sebelum hari pencoblosan dan berakhir tujuh hari setelah pencoblosan. Jadi satu bulan masa kerjanya,” ujar Rodi Karnain.

Ia menambahkan, pihaknya akan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) berkaitan dengan Petunjuk Teknis (Juknis) PTPS.

“PTPS nantinya kita adakan Bimtek terlebih dahulu, terkait Petunjuk Teknis (Juknis) terhadap PTPS yang dibentuk nantinya, agar memahami cara kerja Pengawasan di setiap TPS atau dilapangan wilayah kerjanya masing-masing,” pungkas dia. (**)