Pelindo Regional 2 Palembang Raih Proper Biru dari KLH

Berita, Ekonomi35 Dilihat

Palembang, Hainews.id – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang atau Pelindo Regional 2 Palembang meraih Peringkat Biru dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup “Proper” tahun 2023.

Manager Komersioal Pelindo Regional 2 Palembang Darmawi mengatakan raihan ini merupakan hasil dari Pelindo Regional 2 Palembang selaku Badan Usaha Milik Negara untuk meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam peraturan perundangan-undangan.

“Dari hasil evaluasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Pelindo Regional 2 Palembang telah menindaklanjuti 5 aspek penilaian proper antara lain Pengendalian Pencemaran Udara dan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya & Beracun (Limbah B3) dan Pengelolaan Bahan Berbahaya (B3)/Dangerous Good, dan Pengendalian Pencemaran Air dan Pengelolaan Sampah Domestik,” kata dia.

Menruut dia, program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) adalah evaluasi kinerja penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan di bidang pengelolaan lingkungan hidup.

“Mekanisme dan kriteria penilaian tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup,” ujar Darmawi.

Menruut dia, tahapan pelaksanaan Proper dimulai dari persiapan, pengawasan, penilaian dan tindak lanjut kemudian hasil penilaian dievaluasi melalui pemeringkatan yaitu dimulai dari peringkat Hitam, Merah, Biru, Hijau dan Emas.

“Perusahaan yang memperoleh predikat Proper Biru dinilai telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku dan telah memenuhi semua aspek yang dipersyaratan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” pungkas dia. (**)