Beragam Manfaat Yoga Selama Puasa

Berita, Kesehatan188 Dilihat

Palembang, hainews.id – Olahraga, termasuk yoga ternyata banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Apalagi olahraga tersebut dilakukan selama bulan Suci Ramadan.

Yoga sendiri merupakan olahraga yang sesuai untuk anda lakukan ketika berpuasa karena memiliki cukup banyak manfaat. Jika anda ingin melakukan yoga selama bulan ramadan, and tentu bisa melakukannya di tiga waktu yang berbeda.

Anda juga bisa melakukan yoga di pagi hari, dua jam sebelum berbuka, atau dua sampai tiga jam setelah berbuka. Adapun dampak yang bisa tubuh anda rasakan, dirangkum berbagai sumber, diantara lain:

1. Menjaga tubuh tetap aktif tanpa kelelahan
Selain membangun kekuatan tubuh, aspek utama yoga adalah peregangan tubuh dan fleksibilitas. Dua aspek ini sangat cocok untuk anda yang lakukan ketika puasa.

Hal itu karena tidak mengeluarkan energi yang terlalu banyak hingga kamu merasa sangat kehausan atau kelaparan. Yoga juga terfokus pada ritme dan pergerakan konstan pada tubuh, jadi tujuannya utamanya bukan untuk membakar kalori.

2. Membantu tidur dan menghindari insomnia
Penelitian menunjukkan bahwa yoga bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Hal ini bisa terjadi karena energi yang seseorang keluarkan saat berolahraga bisa meningkatkan rasa lelah di malam hari.

Bahkan dapat membuatnya jadi lebih mudah tertidur. Selain itu, karena yoga bisa membuat lebih rileks, anda pun akan mendapat ketenangan emosional dan terhindar dari stres.

3. Mendorong energi tubuh
Melalui pose, pergerakan, dan tekanan pada bagian tubuh tertentu yang kamu lakukan selama yoga, kamu bisa membantu melancarkan peredaran tubuh dan membawa oksigen ke sistem kardiovaskular. Karena itu, kamu bisa menstimulasi perasaan tubuh yang lebih segar.

Selain itu, segala jenis olahraga juga bisa mengeluarkan endorfin, serotonin, dan dopamine. Ketiga hormon ini bertugas untuk meningkatkan suasana hati yang kemudian bisa memicu tubuh untuk merasa lebih produktif.

4. Meningkatkan ketenangan pikiran
Tujuan utama pada saat yoga adalah memfokuskan pikiran pada tubuh dan mengambil kontrol terhadap tubuh sepenuhnya. Untuk itu, saat yoga anda harus membuang jauh-jauh pikiran atau kekhawatiran yang dirasakan agar bisa fokus.

Jika anda membiasakan latihan meditasi dan pernapasan yoga, anda juga bisa merasakan stres yang berkurang. Serta hati yang lebih tenang, dan pikiran yang lebih jernih.

Aspek yoga ini sangat sesuai dengan tujuan bulan Ramadan dan puasa menurut agama. Yaitu membersihkan hati dan pikiran.

5. Mempercepat pengeluaran toksin dari tubuh
Peregangan tubuh yang ringan bisa mempercepat proses pembersihan zat berbahaya dari tubuh. Ketika yoga, anda akan mengeluarkan keringat, bernapas lebih cepat, dan sirkulasi darah jadi lebih lancar.

Faktor-faktor ini akan membantu untuk mengeluarkan toksin dari tubuh. Dengan ini, anda bisa meminimalisir terjadinya penyakit atau keluhan kesehatan seperti migraine atau flu. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *