Ini Buah Pereda Kolesterol

Berita, Ragam481 Dilihat

Jakarta, hainews.id – Selesai perayaan tahun baru, biasanya kolesterol naik karena banyak menikmati makanan daging barbeku. Mengutip Healthline, beberapa buah ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

1. Jambu Biji
Jambu biji merupakan salah satu buah yang populer dijadikan jus. Buah ini salah satu manfaat utamanya adalah untuk melindungi jantung hingga mencegah radikal bebas di tubuh.

Kandungan kalium di dalam buah ini berfungsi menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Konsumsinya juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Selain itu jambu biji mengandung vitamin C dan zat besi tertinggi diantara buah-buahan lainnya. Hal ini terbukti dapat mencegah infeksi flu dan radang tenggorokan seperti batuk.

2. Apel
Selain jambu biji, apel termasuk ke dalam daftar buah penurun kolesterol alami. Apel merupakan buah yang mudah sekali ditemukan dan harganya juga terjangkau.

Apel merupakan buah yang mengandung banyak mineral. Serta juga vitamin untuk tubuh.

3. Jeruk
Buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis, dapat mengendalikan kadar kolesterol. Buah jeruk mengandung hesperidin yang dapat mengurangi gejala hipertensi dan pektin (serat).

Lalu senyawa limonoid yang dapat memperlambat aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan menurunkan kolesterol “tidak sehat” (LDL) di darah. Antioksidan di dalamnya juga dapat menurunkan risiko stroke pada wanita.

4. Pepaya
Buah pepaya yang tinggi serat bisa menjadi makanan penurun kolesterol jahat. Satu buah pepaya dengan berat 780 gram mengandung sekitar 13 hingga 14 gram serat.

Serat dapat membuat pencernaan lancar dan menambah massa tinja sehingga buang air besar lancar. Pepaya juga mengandung zat anti-inflamasi berupa kolin.

Kolin memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya membantu meningkatkan kesehatan hati, otak. Serta fungsi kognitif secara keseluruhan.

5. Alpukat
Buah alpukat disebut bisa membantu turunkan kolesterol tinggi. Alpukat disarankan untuk dikonsumsi pasien tekanan darah tinggi.

Alpukat merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Alpukat juga mengandung vitamin K, C, B5, B6, dan E.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *