Lestarikan Budaya Sumsel, Pelindo Lakukan Pembinaan UMKM Daerah

Berita, Ekonomi148 Dilihat

Palembang, Hainews.id – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang (Pelindo Regional 2 Palembang) menyalurkan bantuan kepada UMKM Perajin Songket di Kota Palembang tahun 2023 melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Penyaluran bantuan diberikan kepada Perajin Songket Dua Saudara dalam bentuk pelatihan dan sertifikasi kepada 12 orang warga di sekitar IKM Tenun Songket Dua Saudara serta Bantuan 3 (tiga) unit alat cungkit dan tenun senilai Rp. 74.758.500 yang diserahkan secara simbolis oleh Manager Keuangan & SDM, Imron Syamsi.

Dalam sambutan General Manager Pelindo Regional 2 Palembang, Nunu Husnul Khitam yang diwakilkan oleh Imron Syamsi “Proses pencukitan adalah bagian dan proses penenunan songket dan tantangan kedepan akan semakin sulit dan berat dan juga keahlian ini semakin lama semakin berkurang kemudian jika tidak ada yang meregenerasi keterampilan seperti ini maka akan menghilang” sebut Imron.

Imron mengatakan bahwa budaya kebanggaan Sumatera Selatan khususnya Palembang harus tetap dipertahankan seiring berkembangnya kemajuan teknologi “Proses pencukitan adalah bagian dan proses penenunan songket dan tantangan kedepan akan semakin sulit dan berat dan juga keahlian ini semakin lama semakin berkurang kemudian jika tidak ada yang meregenerasi keterampilan seperti ini maka akan menghilang terlebih lagi nanti kecerdasan buatan atau bisa disebut AI sudah bisa menggantikan manusia” ujar Imron.

Pelatihan pencukitan tenun songket ini berlangsung selama 5 hari dimulai dari tanggal 25 – 29 September 2023 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pelindo dalam memperingati Perayaan 2 Tahun Merger Pelindo. “Harapan saya dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi dan terstandarisasi sehingga songket yang dihasilkan dapat masuk ke pasar Internasional kita harus semangat dalam mempertahankan budaya ini mungkin nanti bisa muncul motif motif baru dengan berkreasi yang bisa dipatenkan jangan sampai motif motif kita diakui oleh daerah lain ataupun negara lain” tambah Imron.

Bantuan Pelatihan, Pembinaan dan Sertifikasi Pencukitan Tenun Songket merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang diselenggarakan oleh Pelindo Group di seluruh cabang dan anak usaha dalam rangka memperkuat dan memajukan UMKM Daerah. (**)