Masyarakat Banyuasin Bersatu Dukung Kinerja Pj Bupati

Berita, Daerah55 Dilihat

Banyuasin, Hainews.id – Ribuan masyarakat Sedulang Setudung yang tergabung dalam Masyarakat Banyuasin Bersatu menggelar aksi demonstrasi di lingkungan Pemkab Banyuasin, Selasa (12/12) siang.

Ribuan warga ini menyatakan diri mendukungan terhadap kinerja Pj Bupati Banyuasin H Hani S Rustam dalam menjalan roda pemerintahan sebagai kepala daerah transisi yang mengemban amanah melanjutkan keberlangsung Kabupaten Banyuasin hingga terpilih kepala daerah baru pada tahun 2024 mendatang.

Tidak main-main, dukungan terhadap kinerja Pj Bupati Banyuasin juga disampaikan langsung oleh mantan Wakil Bupati Banyuasin Slamet Sumosentono yang ikut serta dalam aksi memberikan dukungan terhadap mantan Sekertaris Dirjen Dukcapi tersebut.

“Aksi damai ini, untuk mendukung kebijakan dan kinerja PJ Bupati Banyuasin,” kata Slamet dalam orasinya. Banyak terobosan  kebijakan yang telah dihasilkan oleh Pj Bupati Banyuasin, Hani  Syopiar Rustam. Diantaranya memperjuangkan tenaga honorer teknis untuk menjadi PPPK, menggelar pasar murah, membuat sumur bor, TPP ASN dibayar 13 bulan dan lain sebagainya,” kata mantan Wakil Bupati Banyuasin 2018-2023.

“Capaian baru-baru ini PJ Bupati Banyuasin mendapatkan penghargaan insentif fiscal dari Wapres yang termasuk salah satu Bupati yang telah berhasil menekan dalam Upaya mengentaskan kemiskinan ekstrem tahun berjalan 2023, menata kota pangkalan balai menjadi lebih rapi sehingga kota pangkalan balai yang selama ini tidak tertata dan biasa-biasa saja nantinya akan menjadi icon kebanggaan Masyarakat Banyuasin, imbuh Pak De Slamet.

“Munculnya kritikan miring segelintir oknum terhadap kinerja PJ Bupati Banyuasi yang mengatasnamakan masyarakat Banyuasin di Kemendagri baru-baru ini kami anggap adalah Gerakan yang sengaja dibangun karena tidak senang dengan capaian kinerja PJ Bupati Banyuasin, kami menilai bahwa organisasi yang mengatasnamakan masyarakat Banyuasin tersebut lebih banyak didominasi oleh orang-orang yang bukan asli Banyuasin yang tidak tahu persoalan sebenarnya di Kabupaten Banyuasin, gerakan yang mereka bangun adalah murni opini yang tidak substansial, opini yang sengaja dibangun atas dasar kepentingan politik, opini yang sengaja dibangun untuk membuat kegaduhan, tentunya opini yang sengaja dibangun untuk menjatuhkan nama baik PJ Bupati Banyuasin, padahal sejauh ini Kabupaten Banyuasin berjalan aman, kondusif dan tidak ada perpecahan,” kata dia.

Sementara itu, Koordinator aksi Rahmat Hidayat menyebutkan pemimpin seperti Penjabat Bupati Banyuasin ini sebagai pelaksan keberlangsungan pembangunan hingga terpilihnya Kembali kepala daerah baru pada pemilukada tahun mendatang.

“Sosok sepertinyalah yang memang benar-benar dibutuhkan rakyat  untuk memimpin dan mengelola pemerintahan Kabupaten Banyuasin saat ini hingga Pemilukada 2024 selesai dan menghasilkan kepala daerah baru di Banyuasin. Ini aksi solidaritas, massanya bukan massa bayaran. Mereka terdiri dari ASN, honorer dan Ormas dan masyarakat asli Banyuasin, ungkap koordinator aksi Rahmat Hidayat.

Menururtnya Rahmat dari awal masyarakat Banyuasin menyambut baik kedatangan Hani S Rustam di bumi Sedulang Setudung ini, dengan harapan dapat membawa banyuasin menjadi lebih baik.

“Selain itu, arahan Presiden RI Jokowidodo dalam Rakornas Investasi Tahun 2023 untuk memudahkan para investor, PJ Bupati banyuasin langsung menciptakan terobosan dengan berkomitmen untuk mempermudah dan mempercepat seluruh proses perizinan, dengan melakukan pembenahan mulai dari SOP penguatan SDM, maupun pendanaan di PTSP sehingga apa yang menjadi arahan Presiden RI untuk capaian target investasi dapat benar-benar terlaksana demi pertumbuhan ekonomi di Banyuasin. Dan masih banyak program-program konkrit lain yang berhasil menyentuh masyarakat banyuasin,” imbuh Rahmat.

“Sekali lagi kami tegaskan bahwa, Gerakan-gerakan yang dibangun oleh organisasi tersebut sudah sangat memalukan Masyarakat Banyuasin, kami tidak ingin kabupaten Banyuasin yang sejatinya telah mengalami kemajuan di berbagai bidang dibuat gaduh oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, apalagi orang-orang luar yang mengatasnamakan Masyarakat Banyuasin yang tidak tahu persoalan yang sebenarnya sehingga berpotensi merusak stabilitas dan kondusifitas Banyuasin,” pungkas Aktivis muda itu.

Sementara Pj Bupati Banyuasin H Hani Sopyar Rustam SH mengucapkan terimakasih kepada masaa aksi damai yang mendukung kinerjanya menjadi PJ Bupati Banyuasin.

“Sebelumnya saya telah melakukan konferensi pers meminta agar masyarakat tidak turun kejalan melakukan aksi. Namun, hal ini saya tidak bisa terbendung dan merasa terharu dari dukungannya untuk menjalankan amanah yang diberikan kepada saya,” ujarnya.

Disela-sela aksi damai tersebut, massa aksi membubuhkan tanda tangan di spanduk sebagai bentuk dukungan kepada Pj Bupati Banyuasin. Bahkan Sekda Ir Erwin Ibrahim dan beberapa Kepala Dinas, seperti Disporapar M Yusuf dan sejumlah camat serta ASN di Pemkab Banyuasin membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan penuh terhadap kinerja PJ Bupati Banyuasin itu.