Siti Atikoh Berjanji Akan Memperhatikan Posyandu

Berita, Palembang130 Dilihat

Palembang, Hainews.id – Jika Calon Presiden atau Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo berjanji akan mewujudkan satu desa satu Puskesamas (Pusat Kesehatan Masyarakat), sang istri, Siti Atikoh, juga berjanji akan memperhatikan Posyandu, agar tercipta lingkungan yang sehat melalui tangan para kader Posyandu.

Hal itu disampaikan Siti Atikoh, saat mengunjungi Palembang dan bertemu dengan ribuan kader posyandu di Kebon Gede di Kecamatan Ilir Barat (IB) Palembang.

“Aku anak sehat, tubuhku kuat, sekarang bukan hanya sekedar lagu, Semua tidak lepas dari peran para kadee Posyandu,” ungkapnya.

Menurut Atikoh, apa yang diimpikan sang suami dengan mewujudkan satu desa atau kelurahan satu Puskesmas, karena memang pentingnya kesehatan bagi pembangunan bangsa.

Dimana, Posyandu adalah garda terdepan yang akan lebih diperhatikan, jika memang nanti pasangan Ganjar-Mahfud dipercaya masyarakat untuk memimpin bangsa yang besar ini.

“Tidak hanya mewujudkan 1 desa 1 Puskesmas, kita juga akan meningkatkan pelayanan Posyandu, dan melibatkan secara penuh peran para kader,” terangnya.

Menurut Atikoh, tidak hanya meningkatkan fasilitas kesehatan, pengetahuan terhadap kesehatan juga menjadi hal utama yang akan diperhatikan.

“Kita berharap, kedepan paradigma kesehatan tidak hanya berpangku pada kuratif dan promotif,” sampainya.

Karena menurutnya, paradigma kesehatan sudah harus mulai bergeser dari kuratif kepada promotif dan preventif.

“Bukan hanya sadar pentingnya kesehatan dan fasilitas kesehatan, masyarakat kedepan harus mulai menerapkan gaya hidup sehat,” ulasnya.

Untuk mewujudkan itu, peran posyandu lah yang menjadi garda terdepan dalam pelaksanaannya. Terutama dalam mewujudkan lingkungan masyarakat yang sehat.

“Para kader-kader posyandu inilah yang akan mengedukasi masyarakat, bagaimana gaya hidup sehat, seperti lagunya aku anak sehat, tubuhku kuat,” tandasnya.

Siti Atikoh terus mendukung pencapresan sang suami. Kehadirannya menjadi bukti, jika dirinya siap menjadi ibu negara yang akan membantu tugas-tugas suami.

Selama di Palembang, Atikoh bercengkrama dengan masyarakat dan bertemu dengan ribuan kader posyandu.

Dalam kesempatan itu, Atikoh pun mencoba kuliner Palembang dan menjajal Light Rail Transit (LRT).

Agenda ke Palembang, merupakan bagian dari safari Sumatera yang dilakukan Atikoh. Karena sebelum ke Palembang, ia terlebih dahulu menyambangi Provinsi Lampung.

Selama di Palembang, Atikoh didampingi Ketua TPD Ganjar-Mahfud Sumsel, Yahya Maya Sakti, Sekretaris Agus Sutikno, Bendarahara Dian Askin Hatta, istri Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Sumsel Giri Ramanda Kiemas, Calon anggota legislatif atau Caleg dari DPC PDIP Palembang, Romiana Hidayati Sumadi, yang merupakan adik kandung Menteri Perhubungan atau Menhub, Budi Karya Sumadi. (**)