Diskominfo Kukar Ikuti Pelatihan Dan Sertifikasi GCIO Di Bandung

Tenggarong, Hainews.id –  Dinas Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Kutai Kartanegara mengikuti pelatihan dan sertifikasi Government Chief Information Officer (GCIO) oleh Inixindo Bandung

Pelatihan yang diselenggarakan oleh PT Inixindo Bandung bekerjasama dengan Kominfo Kukar, berlangsung Di Kantor Inixindo Bandung jalan Cipaganti no 95 Bandung Provinsi Jawa Barat, Rabu (14/6/2023). Acara digelar selama tiga hari hinga Jumat (16/6/2023).

Hadir sebagai peserta pelatihan dan sertifikasi GCIO dari Diskominfo Kukar yaitu
Kepala Bidang PLIP Surya Admaja, Pranata Komputer Bidang TIK Ryanto, dan Rudi Irwansyah, Kepala Seksi Persandian Agus, Bidang Statistik Dewi Mayasari Statistisi Ahli Muda , dan Plt Kasubag Program Keuangan Maulida Savitri .

Hadir sebagai trainer sekaligus narasumber dari Inixindo Bandung M,A Aditya membahas tentang pentingnya training GCIO bagi Diskominfo sebagai dinas yang menjembatani informasi layanan berbasis digital dengan pimpinan daerah sebagai pemegang kebijakan tertinggi di pemerintahan daerah dibutuhkan dukungan dari Diskominfo untuk berperan aktif dan menjadi penggerak dalam proses transformasi digital.

Lebih lanjut, PT Inixindo adalah lembaga pelatihan dan sertifikasi resmi GCIO dibawah lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi ( BNSP) tidak seperti pelatihan dan sertifikasi lainnya, disini kita akan mempelajari seluruh topik tata kelola TIK yang berbasis best practice sehingga penerapan e-Government dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di pemerintah daerah bisa berhasil secara efektif dan terukur katanya.

Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik (PLIP) Surya Admaja menyambut baik pelatihan dan sertifikasi GCIO. “Secara umum publikasi dan informasi adalah menjadi tupoksi kami di bidang PLIP, dengan adanya pelatihan ini saya berharap akan menambah informasi terkait bagaimana cara meningkatkan literasi digital bagi masyarakat dan diharapkan juga dapat memberikan layanan informasi yang lebih menarik .” Ujarnya.

Pelatihan GCIO ini sangat bermanfaat dan membuka wawasan baru. Menurutnya, pemahaman tentang arah pengembangan Teknologi Informasi (TI) sangat penting, terutama dalam dunia digital yang semakin terdigitalisasi.

“Sebagai Kabid, pelatihan ini akan membantu saya dalam mengarahkan dan mengimplementasikan sistem TI kepada para staf, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih baik lagi,” ungkap Surya Admaja. (**)