Hati-hati, Ini Bahaya Berbuka Puasa dengan Gorengan

Berita, Kesehatan126 Dilihat

Palembang, hainews.id – Bagi Anda yang gemar berbuka puasa dengan mengonsumsi gorengan, mulai sekarang harus lebih wasapada. Menurut Ahli Gizi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada, Tony Arjuna konsumsi gorengan saat berbuka puasa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

“Gorengan sangat tidak direkomendasikan untuk berbuka puasa. Setiap gorengan yang dikonsumsi, mengandung lemak yang tidak sehat,” ujar dia.

Tony menjelaskan, proses pembuatan gorengan biasanya menggunakan minyak yang telah dipakai secara berulang-ulang. Kondisi tersebut menjadikan minyak sebagai sumber lemak jahat dalam tubuh.

“(Minyak dipakai berkali-kali, red) tidak ideal untuk digunakan. Apalagi hingga dikonsumsi,” ujar Tony.

Ia menambahkan, gorengan tersusun dari unsur karbohidrat yang sederhana. Unsur ini memiliki sifat cepat untuk dibakar dan dicerna oleh tubuh.

“Sehingga menjadikan kadar gula darah dalam tubuh akan cepat turun. Ujungnya, akan membuat tubuh merasa cepat lapar,” ujar Tony.

Tony juga tidak menyarankan berbuka puasa dengan berlebihan dalam mengonsumsi makanan dan minuman manis. “Akan cepat menaikkan gula darah dan turunnya juga cepat,” imbuhnya.

Ia menyarankan, umat Islam mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat kompleks dan berprotein tinggi.

“Karena pengolahan dalam tubuh lebih pelan dan menaikkan gula darah secara perlahan,”pungkas dia. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 komentar