Jalin Sinergitas, Pemkab Lahat Teken Perjanjian Kerjasama Dukung Kehandalan Jaringan dengan PLN Lahat

Berita, Ekonomi41 Dilihat

Lahat, Hainews.id – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lahat bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang Pelaksanaan Pembangunan, Pelayanan, dan Pemeliharaan Jaringan Listrik di Kabupaten Lahat.

Penandatanganan Perjanjian kerjasama tersebut berlangsung di Halaman Kantor Pemda Lahat sekaligus pelaksanaan Apel Gebyar Penyulang PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Lembayung (14/05/24).

PKS ditandatangani langsung oleh PJ Bupati Lahat, Muhammad Farid S STP, MSi bersama Manager PLN UP3 Lahat, Teguh Aang Harmadi.

PKS kehandalan jaringan ini bertujuan untuk meningkatkan layanan dan pemeliharaan jaringan PLN sehingga memberikan dampak maksimal bagi pembangunan dan perekonomian warga Kabupaten Lahat.

Pj Bupati Muhammad Farid S STP MSi berharap kerjasama ini dapat memaksimalkan layanan PLN khususnya kehandalan jaringan, sehingga pasokan listrik secara terus mennerus bisa diterima pelanggan dengan baik.

“Listrik menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dalam beraktifitas. Dengan Kerjasama ini, kami berharap PLN dan Pemda dapat saling mendukung guna memaksimalkan layanan PLN, khususnya keandalan jaringan” kata Farid.

Pj Bupati Lahat menyambut baik kerjasama PT. PLN UP3 Lahat ini dan menilai dengan layanan PLN yang andal, perekonomian masyarakat Lahat diharapkan dapat meningkat.

“Jika listrik di Kabupaten Lahat andal, maka kegiatan masyarakat khususnya pada sektor ekonomi dapat ditingkatkan. Kami harap PLN bisa bersinergi dengan Pemda dalam pelaksanaan kegiatan pemeliharaan dan antisipasi gangguan akibat pohon yang masih berada di bawah jaringan PLN. Sehingga listrik kontinyu diterima pelanggan,” kata Muhammad Farid.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Lahat, Teguh Aang Harmadi mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lahat khususnya Pj Bupati Lahat yang telah mendukung PLN dalam meningkatkan kehandalan.

“Terima kasih bapak PJ Bupati atas dukungannya kepada PLN Lahat. Kerjasama ini akan memperkuat PLN dalam melaksanakan pemeliharaan jaringan, utamanya penebangan pohon dan tanaman yang masih berada di bawah jaringan PLN. Semoga PLN bisa meningkatkan layanannya dan kami akan terus berkolaborasi dengan Pemkab Lahat,” kata Aang.

Secara terpisah, General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, mengatakan kolaborasi bersama pemda setempat menjadi salah satu langkah strategis, khususnya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terkait jarak aman dengan jaringan listrik.

Menurut Adhi, dukungan  pemda sangat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang jarak aman 3 meter dengan jaringan listrik.

Pemda dapat secara terintegrasi bersinergi dengan pimpinan daerah di bawahnya hingga tingkat kades untuk secara persuasif mengajak masyarakat lebih peduli terhadap jarak aman pohon, bangunan, dan baliho dengan jaringan listrik.

“Sinergi ini bersama PLN dapat mempercepat eksekusi rekan-rekan di lapangan menjaga jaringan guna meningkatkan keandalan listrik” tutur Adhi.