Kendaraan Listrik Ramah Lingkungan dan Aplikasi PLN Mobile Hadir Meriahkan HUT ke-11 Kabupaten PALI

Berita, Ekonomi38 Dilihat

Pendopo, Hainews.id – Turut meriahkan perayaan HUT ke-11 Kabupaten Penukal Adab Lematang Ilir (PALI), PLN Unit Layana Pelanggan (ULP) Pendopo hadirkan Kendaraan Listrik Ramah Lingkungan dan kenalkan Aplikasi PLN Mobile kepada masyarakat.

Manager PLN ULP Pendopo, Bayu Agustrio mengatakan, momen ini menjadi kesempatan yang baik untuk mendekatkan masyarakat dengan kendaraan listrik sekaligus memberikan edukasi tentang keunggulan kendaraan listrik.

“Berkaca dari mudik Idul Fitri lalu, kota-kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera, termasuk Palembang sudah banyak yang menggunakan kendaraan listrik. Melalui momen ini, kami ingin mendekatkan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dengan masyarakat di Kabupaten Pali sebagai wujud komitmen PLN dalam mendukung transisi energi” ujar Bayu.

Sementara itu, Manager PLN Unit Pelaksana dan Pelayanan Pelanggan (UP3) Lubuklinggau, M.A Hamdatul Rovikoh, mengaku senang dengan antusiasme masyarakat yang mengunjungi stan PLN untuk melihat kendaraan listrik.

“Tingginya antusias masyarakat yang hadir di stan PLN ini mengisyaratkan kehadiran PLN lebih dekat dan diterima di hati masyarakat Kabupaten PALI,” kata Hamdatul Rovikoh.

Dalam kesempatan tersebut, masyarakat dipersilahkan untuk test drive mencoba motor listrik. Doni adalah salah satu pengunjung mengaku senang dapat berpartisipasi dan mencoba kendaraan listrik serta mendapat informasi fitur-fitur pada aplikasi PLN Mobile.

“Saya mencoba untuk mengendarai motor listrik dan ternyata motornya benar-benar ramah lingkungan karena tidak ada asap dan tidak bising. Selain itu, pengisian dayanya difasilitasi fitur PLN Mobile. Bahkan banyak fasilitas transaksi kelistrikan yang bisa diakses dg mudah di PLN Mobile” ujar Doni.

Secara terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu, Adhi Herlambang, mengatakan tak perlu ragu untuk menggunakan kendaraan listrik. Ia mengatakan, industri kendaraan listrik di tanah air punya potensi besar dan akan terus berkembang, termasuk fasilitas yang akan disediakan PLN.

“Industri kendaraan listrik di Indonesia punya potensi besar. Pabrik baterai akan segera beroperasi. Untuk fasilitas pengisian daya kendaraan listrik, sudah ada 1.370 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 9.886 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan 2.182 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU). PLN juga berinovasi mengembangkan 2.000 unit SPKLU pada tiang listrik (Pole Mounted) yang tersebar di seluruh Indonesia” pungkas Adhi. (FA)