Kolaborasi Dengan Pemda, PLN Muara Enim Eksekusi Pohon Penyebab Gangguan

Berita, Ekonomi25 Dilihat

 Muara Enim, Hainews.id – Sebagai bentuk komitmen pelayanan terbaik dalam menjaga keandalan jaringan listrik, PLN Muara Enim berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar Apel Gebyar Bakti Penyulang pada Sabtu (4/5/2024) di Halaman Kantor Pemda Muara Enim.

Sebanyak 120 personil teknik diterjunkan untuk melakukan pemeliharaan jaringan listrik sepanjang 12,31 Kms.

Kegiatan difokuskan pada jaringan penyulang Raflesia dengan gangguan terbanyak akibat pohon dan tanam tumbuh yang berada disekitar jaringan milik PLN.

Menurut Manager PLN Muara Enim, Irfan Maulana, pihaknya menargetkan pemangkasan sebanyak 161 batang dan tebang pohon sebanyak 15 batang. Jumlah pohon yang akan dieksekusi telah mendapatkan ijin tebang oleh pemerintah daerah Muara Enim.

Dalam kegiatan ini, Pemda Muara Enim menyiapkan 61 personil, 1 mobil Skylift, dan 3 unit mobil sampah. Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Perhubungan, PUPR, Lingkungan Hidup, Satpol PP, BPBD, Dinas Kebersihan dan aparat kecamatan setempat.

“Dukungan dari pemda sangat luar biasa sehingga kami bisa berkolaborasi dengan untuk melakukan pembersihan jaringan dari pohon dan tanam tumbuh. Terima kasih atas dukungan Pj. Bupati, Sekda dan stakeholder lainnya. Semoga kegiatan ini bisa mengurangi gangguan jaringan PLN,” ujarnya.

Sementara itu, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lahat, Teguh Aang Harmadi, mengatakan kegiatan bakti penyulang di Muara Enim merupakan komitmen pelayanan terbaik dari seluruh pegawai dan petugas pelayanan teknik dalam melayani pelanggan, dimana insan PLN menjadi garda terdepan dalam menjawab dan menyelesaikan setiap gangguan dan keluhan masyarakat.

“Kegiatan Gebyar Bakti Penyulang diharapkan dapat meningkatkan kehandalan jaringan di ULP Muara Enim sekaligus menjawab tantangan pemenuhan kebutuhan listrik berkualitas dan berkelanjutan,” katanya.

PJ Bupati Muara Enim, Kurniawan, mengapresiasi langkah aktif PLN dalam menjaga keandalan dan menanggapi laporan masyarakat.

“Saya, Bupati Muara Enim, dengan penuh kebanggaan dan rasa syukur, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada PLN yang telah berperan aktif dalam menjalankan kegiatan yang begitu penting ini. Kegiatan ini adalah sebuah langkah maju yang luar biasa dalam upaya meningkatkan kualitas layanan listrik di wilayah Kabupaten Muara Enim.” kata Kurniwan.

Secara terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB), Adhi Herlambang, mengatakan pemangkasan pohon sesuai jarak aman terhadap jaringan listrik tidak hanya bertujuan menjaga keandalan suplai listrik, tetapi juga keselamatan masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Tujuan dari pemangkasan pohon tidak hanya untuk menjaga keamanan pasokan listrik, namun juga menjaga keselamatan masyarakat dan lingkungan disekitar jaringan listrik. Posisi aman jarak Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dengan pepohonan atau bangunan di bawahnya adalah kurang lebih 3 meter.” pungkas Adhi.

Ia juga berharap bahwa sinergi yang baik ini terus berlanjut, untuk peningkatan kualitas pasokan listrik di Kabupaten Muara Enim yang pada akhirnya dapat mendukung kemajuan dan perkembangan daerah. (FA)