Main Film ‘Dul Muluk dan Dul Malik’, Pj Gubernur Sumsel: Berlatih Seni itu Penting

Palembang, Hainews.id – Di sela agenda kerjanya yang padat, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni unjuk kebolehannya pada bidang seni. Fatoni berkesempatan beradu akting bersama aktor asal Palembang Anwar Fuady dalam film berjudul ‘Dul Muluk dan Dul Malik’.

Meski tanpa naskah, akting Gubernur sarat prestasi itu tak perlu diragukan lagi. Dibincangi usai akting, Fatoni mengatakan bahwa berlatih itu juga penting selain belajar akademik.

“Saya senang dilibatkan dalam film ini. Film ini sarat pesan edukasi. Bersyukur pernah ikut berlatih seni, erlatih seni itu penting bisa melatih keindahan, melatih tampil di muka publik. Dengan bekal latihan seni inilah saya tadi tidak merasa gugup dan canggung saat akting bersama Anwar Fuady,” ucap Fatoni dijumpai di lokasi syuting SMAN Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (12/1/24).

Syuting film tersebut dilakoni Fatoni tanpa naskah dan hanya berbekal arahan dari sutradara Aditya Gumay sekaligus produser pelaksana. Fatoni sendiri menjalani syuting sejak selepas Jumat hingga menjelang petang. Meski syuting memakan waktu cukup lama, dirinya sangat menikmati berada di depan kamera bahkan tampil lepas dan alami.

“Saya sering ikut main drama dan festival teater, bahkan pernah memenangkan juara pada festival teater,” kata Fatoni.

Berangkat dari pengalaman ini, Fatoni mengimbau agar anak-anak terutama pelajar selain dibekali ilmu akademik juga harus dilatih seni karena dalam seni juga terkandung nilai-nilai yang bisa dicontoh dan dipetik pelajarannya. Fatoni mengaku ampil dalam film ini, merupakan suatu kebanggaan bagi dirinya.

“Tadi adegan yang saya lakoni memuat nilai moral bahwa guru tetaplah guru. Tidak ada yang namanya bekas guru. Tokoh yang saya perankan tadi, meskipun dia telah sukses menjadi Gubernur, tetap hormat dan ingat akan jasa guru yang telah mendidiknya,” ujar Fatoni.

Film bergenre horor komedi ini sarat dengan pesan moral. Salah satu adegannya menceritakan tentang seorang murid yang tak melupakan jasa sang ustadz dan tetap menaruh hormat meskipun telah menjadi orang yang sukses.

Dalam film ini, Fatoni berperan sebagai seorang Gubernur yang ketika meninjau Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Sumsel tanpa sengaja bertemu dengan sang ustadz bernama Dul Muluk yang diperankan oleh Anwar Fuady. Saat itu, Dul Muluk hendak mendaftarkan cucunya Dul Malik yang diperankan oleh Bagas Ran untuk bersekolah di SMAN Sumsel. Pertemuan tak sengaja tersebut sontak membuat suasana menjadi haru dan menggugah hati keduanya, juga para guru yang menyaksikan pertemuan Dul Muluk Dan Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, produser pelaksana Aditya Gumay sekaligus sutradara film ‘Dul Muluk dan Dul Malik’ menjelaskan tidak kesulitan dalam memberi arahan untuk Fatoni dalam memainkan perannya. Selain itu Aditya menyebut Fatoni tipikal pejabat yang bisa bersahabat dengan kru film lainnya.

“Terbiasa bekerja juga dengan pejabat. Nah, beliau ini tidak berjarak dengan kami. Justru mau take berulang-ulang hingga adegan dirasa betul-betul pas,” ucap Aditya. (**)