Orang Ber-IQ Tinggi Punya 6 Kebiasaan Unik Ini

Berita, Ragam578 Dilihat

hainews.id – Intelligence Quotient (IQ) adalah tes yang umum digunakan untuk mengukur tingkat intelegensia dan kemampuan kognitif seseorang.
Meski tidak ada alat ukur kecerdasan yang pasti, para peneliti telah menghubungkan orang yang memiliki skor IQ tinggi dengan kebiasaan unik tertentu. Berikut paparannya:

1. Lebih Senang Menyendiri
Orang dengan kecerdasan di atas rata-rata biasanya suka menyendiri, melakukan ‘me time’ dengan menghabiskan waktu sendiri. Mereka juga biasanya merasa kerumunan atau keramaian adalah hal yang tidak nyaman.

Hal tersebut diungkapkan oleh dua peneliti, yaitu Norman Li dari Singapore Management University dan Satoshi Kanazawa dari The London School of Economics and Political Science melalui penelitian berjudul ‘Country roads, take me home… to my friends: How intelligence, population density, and friendship affect modern happiness’.

2. Cenderung Berantakan
Menurut profesor Cornell Robert J. Sternberg, kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar dari pengalaman, beradaptasi dengan situasi baru, memahami dan menangani konsep abstrak, serta menggunakan pengetahuan untuk memahami lingkungan seseorang.

Dalam sebuah eksperimen dari University of Minnesota, ditemukan bahwa orang-orang di lingkungan yang berantakan menghasilkan lebih banyak ide kreatif daripada mereka yang berada di tempat yang rapi.

3. Sering mengkritik diri sendiri
Dalam sebuah studi tahun 1999 dari Cornell University, para peneliti menemukan bahwa orang yang tidak kompeten tidak dapat mengenali ketidakmampuan mereka sendiri, sehingga menyebabkan penilaian diri meningkat. Padahal banyak orang mungkin berpikir bahwa orang orang cerdas itu pasti percaya diri. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang cerdas tidak demikian.

Studi ini menemukan bahwa orang yang sangat kompeten cenderung meremehkan kemampuan mereka. Hal itu dikarenakan mereka tahu seberapa banyak pengetahuan yang ada di luar sana. Jadi bukannya terlalu percaya diri, malah mereka justru sering mengkritik diri sendiri.

4. Senang Hal Menantang
Tidak hanya itu, orang dengan IQ tinggi memiliki rasa tidak cepat puas dengan pencapaian. Karenanya, ketika banyak orang merasa cukup dengan apa yang dicapai, golongan IQ tinggi coba menantang diri dengan mencoba hal yang lebih ekstrem.

5. Sering Begadang
Orang dengan IQ tinggi cenderung memiliki jam tidur yang lebih sedikit. Mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu istirahat dengan hal produktif.

Sebagian orang mungkin tidak rela mengorbankan waktu tidur. Namun, orang ber-IQ tinggi senang dengan suasana malam yang cenderung hening untuk berpikir dan merancang sesuatu.

6. Suka Berbicara Sendiri
Hal menarik lainnya adalah orang yang jenius sering ditemukan suka berbicara sendiri, baik di dalam hati maupun dalam bentuk tulisan. Kebiasaan ini tanpa disadari bisa meningkatkan daya ingat dan memperkuat ketajaman pola pikir.

Jadi, bukan berarti orang yang suka bicara sendiri itu tidak waras, bisa jadi mereka justru jenius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *