Pj Bupati Empat Lawang : Paradigma Harus Diubah Agar Anak-Anak Senang Berkunjung Ke Perpustakaan

Berita, Empat Lawang32 Dilihat

EMPAT LAWANG, Hainews.id –  Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Empat Lawang menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota di Kabupaten Empat Lawang Tahun 2023.

Kegiatan berlangsung di Aula Hotel Zulian Transit Tanjung Beringin Kecamatan Tebing Tinggi Selasa (04/12). Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Empat Lawang, Marwan Effendy melalui Purna Dewi selaku Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Empat Lawang mengatakan Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota di Kabupaten Empat Lawang diikuti oleh Tenaga Pengelola Perpustakaan SD/SMP, Tenaga Pengelola Perpustakaan Desa dan Tenaga Pengelola Perpustakaan dr Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Empat Lawang serta mengungkapkan kegembiraannya atas partisipasi yang aktif dari para Tenaga Pengelola Perpustakaan.

Ia menyampaikan harapannya agar pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat diimplementasikan secara maksimal di perpustakaan masing-masing. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan narasumber yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan ada persamaan persepsi para Tenaga Pengelola Perpustakaan dan Pustakawan dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan yang ber-Standar Nasional.
Selain itu juga diharapkan dapat Membangun dan Menciptakan Kualitas Sumber Daya Manusia yang tinggi melalui Budaya Literasi

Pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota dihadiri dan dibuka langsung oleh Pj. Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin, Pj. Sekda Empat Lawang Hj. Hepy Safriani, dan Perwakilan dari OPD

Dalam Sambutannya Pj. Bupati Empat menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi dan Meningkatkan Kinerja Para Tenaga Pengelola Perpustakaan di Kabupaten Empat Lawang. Selain itu juga Tenaga Pengelola Perpustakaan harus mampu meningkatkan Minat Baca Masyarakat.

“Sudah saatnya kita bersama-sama berupaya meningkatkan minat baca masyarakat.
Pemerintah dan segenap pemangku kepentingan wajib menyusun strategi yang tepat untuk mendorong terciptanya sebuah budaya membaca atau menjadikan membaca sebagai gaya hidup orang Indonesia,” ujar Pj Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin.

Ia menambahkan bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia adalah masih rendahnya budaya baca masyarakat. Kondisi ini tentunya menjadi perhatian semua stakeholder. Pemerintah harus terus berupaya agar minat baca masyarakat semakin meningkat.

“Kebanyakan masyarakat di era modern sekarang anak- anak lebih menyukai menonton televisi, mendengarkan musik dan bermain game dibandingkan dengan membaca buku,” kata dia.

Fauzan juga menambahkan petugas pustakawan terus meningkatkan kompetensi dan pelayanan, untuk mendukung gerakan literasi. Hal ini diperlukan agar pustakawan dapat memberikan pelayanan yang baik sehingga menarik minat masyarakat untuk datang ke Perpustakaan.

“Perlu diubah paradigmanya. Sarana prasarana perpustakaan memang harus baik. Tapi yang utama sebenarnya perilaku petugas perpustakaan juga harus berubah. Terutama untuk Anak-anak SD supaya senang ke perpustakaan,” pungkas dia. (**)