Puluhan Wartawan Ikuti Sosialisasi MediaMIND 2023

Berita, Nasional113 Dilihat

Palembang, Hainews.id – Puluhan pewarta dari berbagai media cetak, online dan elektronik di Sumatera Selatan mengikuti sosialisasi “MediaMIND 2023”, dalam rangka kompetisi jurnalistik tahunan yang digelar oleh “holding” pertambangan BUMN PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID, yang digelar di Palembang, Sumsel, Kamis (10/8/2023).

Sosialisasi tersebut juga diikuti oleh wartawan dari Kabupaten Muara Enim secara daring dan juga dihadiri AVP Corporate Communication & Government Relations PT Bukit Asam Tbk Dinna Permana Setyani dan Corporate Communication MIND ID Pratiwa Dyatmika, serta Kepala Biro ANTARA Sumsel Syarif Abdullah serta tim pelaksana kompetisi itu.

Corporate Communication MIND ID Pratiwa Dyatmika mengatakan para jurnalis di Sumsel itu pada umumnya memiliki kemampuan untuk dapat bersaing dalam menghasilkan produk jurnalistik yang baik.

“Saya yakin melalui MediaMIND 2023, para pewarta di Sumsel dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan program-program pemerintah yang dilakukan oleh MIND ID,” katanya.

Sementara dari Alan dari tim penyelenggara kompetisi karya jurnalistik MediaMIND.ID mengatakan lomba itu merupakan yang bagian dari peran dari Antam, Inalum, Bukit Asam, Freeport Indonesia dan Timah yang merupakan anggota dari MIND ID itu sudah dilaksanakan kedua kalinya.

“Kegiatan tersebut pada tahun sebelumnya karya-karya jurnalistik yang dihadiahkan Rp170 juta dan diikuti 179 peserta, maka tahun 2023 ini disediakan hadiah sebesar Rp300 juta,” ujarnya.

Ia menambahkan sosialisasi MIND ID tahun ini pada lima daerah yakni Medan Sumatera Utara, Kendari Sulawesi Tenggara, Palembang Sumatera Selatan, Surabaya Jawa Timur dan terakhir DKI Jakarta.

Alan menjelaskan MediaMIND 2023 dengan tema “Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia” dimulai dari pengumpulan karya jurnalistik pada periode 24 Juli-14 September 2023.

Adapun empat kategori karya yang dilombakan yaitu karya tulis “hard news”, karya tulis “feature”, karya video berita dan karya foto.

Semua produk jurnalistik yang dikirimkan peserta wajib memenuhi empat subtema meliputi Industri, yang berkaitan dengan teknologi dan inovasi grup MIND ID serta proyek strategis MIND ID kemudian ke dua terkait komoditas, berkaitan dengan produksi grup MIND ID dan hilirisasi, ketiga tentang ekonomi dan bisnis, berkaitan dengan kinerja keuangan, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi nasional, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi daerah dan ke empat terkait ESG (Environmental Social Governance), berkaitan dengan “sustainability” dan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL).

Nantinya setelah semua karya terkumpul, produk jurnalistik tersebut akan disaring oleh tiga juri praseleksi yaitu Maha Eka Swasta (juri foto dari LKBN Antara), Mysister Silvilona Tarigan (juri video dari Kompas TV) dan Azis Husaini (juri teks dari Kontan).

Kemudian, akan ada 33 finalis terpilih yang selanjutnya mengikuti “Media Site Visit” pada 3 Oktober 2023. Ke-33 finalis ini masing-masing akan mendapatkan Rp3 juta.

Setelah para finalis tersebut mengumpulkan hasil dari mengikuti “Media Site Visit” itu akan dinilai oleh dewan juri itu terdiri atas lima orang, yaitu Ketua IMEF Singgih Widagdo, Pemimpin Redaksi CNN TV Titin Rosmasari, Direktur Utama Tempo Media Arif Zulkifli, Kurator Independen dan Founder Matawaktu.org Oscar Motuloh dan Pemimpin Redaksi Narasinewsroom Zen RS.