Sikapi Hasil Survei, Ini Kata TPD Ganjar-Mahfud

Berita, Politik56 Dilihat

Palembang, Haines.id –  Menyikapi hasil dari lembaga survei yang menyebut pasangan Ganjar Mahfud berada di posisi bawah pasca debat capres, Selasa (12/12/2023) malam lalu.

Sekjen Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Mahfud Sumsel, Agus Sutikno berpendapat hasil survei tersebut acuan dari referensi saja, karena survei tersebut tergantung berapa banyak responden, dimana responden itu dan pertanyaan yang selalu diisi adalah apakah survei itu dibiayai oleh mandiri atau tertentu.

“Survey itu banyak sekali dilakukan oleh lembaga survey baik independen maupun dalam tanda kutip tidak independen.

Maka hasil survei itu kita baca sebagai informasi dan kita dari TPD Ganjar Mahfud Sumsel bekerja saja,” ujarnya kepada media, Jumat (15/12/2023).

Agus menambahkan, 10 kali ikut pemilu, dirinya selalu mengamati survei itu mainnya di margin of error, kemudian berapa banyak yang belum menentukan, karena ada 28 persen lembaga survei yang belum menentukan elektabilitas Ganjar Mahfud.

“Terkait survei yang dirilis oleh Litbang Kompas, saya sendiri agak terkejut ketika angkanya seperti itu, apakah itu murni survei atau something look, saya tidak tahu, tapi bagi saya biasa-biasa saja. Survei silahkan survey, kami tetap bekerja,” tambah Agus.

Namun, dalam konteks survey yang setiap minggu keluar, dirinya bertanya kapan itu di survei ataukah responden survei itu orang-orang itu saja, kita belum bisa menjawab.

“Dulu, kita amati survei itu bisa 3 bulan, tapi intinya apapun hasil survei itu, TPD Ganjar Mahfud 03 Sumsel tetap bekerja bersama TPC se-Sumsel,” jelas Agus.

Selain itu, Ketua DPW PPP Sumsel menerangkan, untuk mengenalkan pasangan Ganjar Mahfud kepada masyarakat melalui sosialisasi, namun sosialisasi tidak hanya dilakukan oleh TPD sendiri, tapi bisa dilakukan oleh Kabupaten Kota dan relawan-relawan Ganjar Mahfud.

“TPD ada 4 parpol pengusung, itu yang melalui struktur dan calegnya juga memperkenalkan pasangan Ganjar Mahfud,” terang Agus.

Agus juga berpesan kepada empat partai politik pengusung seperti PDI, PPP, Hanura, Perindo dan para relawan Ganjar Mahfud tidak ada waktu lagi untuk santai. Karena pemilu tinggal hitungan hari, maka segeralah menyampaikan apa yang bisa disampaikan.

“Secara konstitusi Ganjar Mahfud itu yang mengusung adalah Parpol PDI, PPP, Hanura dan Perindo. Walaupun relawan itu pendukung (supporting), belum ada di dalam konstitusi yang mendaftarkan capres itu relawan, tapi relawan itu memperkuat segera sampaikan apa yang bisa disampaikan,” tegas Agus.

“TPD juga akan bekerja sesuai apa yang bisa dilakukan di wilayahnya masing-masing, terutama kalau yang di lapangan hampir setiap hari itu para caleg DPR RI, Provinsi dan kabupaten/kota dari mesin partai yang akan memperkenalkan, menyampaikan, mensosialisasikan pasangan Ganjar Mahfud,” pungkas dia. (**)