Sinergi PLN dan Pemda OKU Selatan, Bupati Popo Ali Martopo Siap Dukung Infrastruktur Kelistrikan Yang Lebih Andal

Berita, Ekonomi93 Dilihat

Muara Dua, hainews.id – Manager UP3 Lahat, M. Syafdinnur didampingi Manager Unit Layanan Muara Dua, Fitria Velayati, menjalin sinergi dengan Bupati OKU Selatan, Jumat (5/5/2023) di Kantor Bupati Pemda OKU Selatan.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Popo Ali Martopo, B. Comm beserta Forkopimda OKU Selatan, Sekda OKU Selatan, Anggota DPR dan kepala dinas terkait.

Syafdinnur dalam kesempatan tersebut menyampaikan kondisi kelistrikan terkini serta kendala yang PLN hadapi. Salah satunya adalah banyaknya pohon milik warga yang melewati jarak aman dengan jaringan distribusi listrik ke pelanggan dan pemilik pohon l belum bersedia memberikan izin untuk tanam tumbuh. Selain kelistrikan, Syafdinnur juga menyampaikan program PLN Peduli berupa Desa Berdaya sebagai bentuk komitmen PLN terhadap prinsip ESG (Envirenmental, Social, and Governance).

Pertemuan ini mendapatkan tanggapan positif dari Bupati OKU Selatan beserta jajarannya. Bupati berharap OKU Selatan memiliki jaringan listrik yang handal dengan adanya Gardu Induk di OKU Selatan. Jika hal itu tercapai maka dapat mendorong perekonomian masyarakat. Untuk kendala yang dihadapi PLN, pihaknya bersama dinas terkait akan membantu dan mensuport PLN agar kedepan, agar kondisi kelistrikan semakin baik.

“Kami akan support PLN dengan Peraturan Bupati terkait aturan penanaman pohon dibawah jaringan listrik. Dan kami akan bantu dalam sosialisasinya,” ujar Popo.

Dalam hal pariwisata, Bupati OKU Selatan juga minta kepada PLN agar kualitas kelistrikan di Danau Ranau bisa lebih baik. Mengingat lokasi ini menjadi obyek wisata populer seiring dengan pelaksanaan event-event besar yang diselenggarakan di Danau Ranau.

Pada pertemuan tersebut terjadi diskusi hangat seperti Sekda OKU Selatan, M. Rahmatullah yang meminta PLN juga memperhatikan adanya tiang miring di beberapa lokasi termasuk Danau Ranau, sehingga bisa menggangi estetika lokasi wisata serta masukan dari anggita DPR yang siap membantu penyelesaian tanam tumbuh warga.

Syafdinnur mengucapkan terima kasih atas atensi Bupati, Sekda, Polres, Kodim, anggota DPR dan dinas terkait.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemda OKU Selatan dan jajaran. Kami juga berharap sinergitas antara PLN dan Pemkab OKU Selatan akan terus terjalin dengan baik sehingga tercipta program-program yang saling membangun untuk infrastruktur kelistrikan di OKU Selatan.” ujar Syafdinnur.

General Manager PLN UID S2JB, Amris Adnan mengatakan, dalam meningkatkan keandalan listrik sangat diperlukan sinergi yang apik dengan pemda setempat.

“Kami sangat memerlukan dukungan dari pemda setempat untuk sosialisasi kepada masyarakat agar kita sama-sama dapat bersinergi membangun daerah menjadi lebih baik dengan listrik yang andal, sehingga dapat berdampak pada peningkatan ekonomi” tutup Amris. (**)