Sumatera Fire & Rescue Challenge 2024 Resmi Dibuka, Bukit Asam (PTBA) Jadi Tuan Rumah

Advertorial, Berita212 Dilihat

Muaraenim – Sumatera Fire & Rescue Challenge 2024 resmi dibuka di Museum Batu Bara PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Muara Enim, Senin (19/2/2024). PTBA sebagai tuan rumah mendukung penuh penyelenggaraan acara ini untuk meningkatkan kompetensi tim penyelamat.

Direktur Operasi dan Produksi PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Suhedi mengatakan, ajang ini penting untuk meningkatkan kemampuan para ‘penakluk api’ yang sangat dibutuhkan perusahaan-perusahaan di bidang pertambangan mineral dan batu bara.

“Perusahaan tambang memiliki risiko yang cukup tinggi, sehingga tentu sangat diperlukan tim penyelamat yang tangguh untuk menyelamatkan korban atau peralatan jika terjadi bencana atau kecelakaan,” kata Suhedi.

Terlebih lagi, memasuki musim dengan curah hujan tinggi dan cuaca yang semakin tak menentu, peran dari tim penyelamat semakin dibutuhkan. Demikian diungkapkan oleh Direktur Teknik & Lingkungan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo Herdadi, melalui video conference.

“Sehubungan dengan kondisi perubahan iklim saat ini, dimohon untuk tetap mengantisipasi curah hujan, melakukan penataan lingkungan, penghijauan secara massal, berkoordinasi dan komunikasi secara intensif dan memantau informasi cuaca dari BMKG,” ungkapnya.

Penyelenggaraan kompetisi berdasarkan wilayah merupakan gebrakan baru dari Perhimpunan Tanggap Darurat Di Bidang Pertambangan dan Energi (Pertapindo) selaku penyelenggara. Nantinya, tim terbaik dari masing-masing wilayah akan berlaga di ajang Indonesia Fire & Rescue Challenge 2024.

“Selama ini selalu diadakan hanya pada tingkat nasional. Dan dalam perlombaan nasional hanya 24 tim yang dapat berpartisipasi. Jadi, dalam skala regional akan lebih banyak tim yang berkesempatan untuk mencoba kompetisi ini dan nanti akan dipilih tim terbaik untuk maju ke tingkat nasional,” ujar Ketua Pertapindo, Sri Raharjo.

Selain menjadi ajang untuk meningkatkan kompetensi, Sumatera Fire & Rescue Challenge diharapkan juga dapat menjadi tempat untuk berbagi ilmu dan saling bersilaturahmi.

“Harapannya, kegiatan ini menjadi ajang yang bermanfaat bagi seluruh perusahaan tambang yang berpartisipasi untuk menambah kesiapsiagaan dalam tanggap darurat,” ujar Ketua Acara Sumatera Fire & Rescue Challenge, Yuhendri Wisra.

Sumatera Fire & Rescue Challenge 2024 diikuti oleh 15 tim dengan total 146 personel Emergency Response Team (ERT). Sebanyak 49 Obsever dari 24 perusahaan menjadi penilai kemampuan para personel ERT yang bertanding dalam ajang ini.

Terdapat lima kegiatan yang akan dilombakan yaitu; Firefighter Competency Test, Structural Fire Fighting, Road Accident Rescue, Water Rescue, dan Firefighter Combat Challenge. Kompetisi ini akan berlangsung mulai dari 19 Februari hingga 22 Februari 2024.

Berikut merupakan daftar perusahaan yang mengikuti 1st Sumatera Fire & Rescue Challenge 2024:

PT Bukit Asam Tbk
PT Putra Perkasa Abadi (PPA) site PTBA
PT Agincourt Resources
PT Kalimantan Prima Persada site PELH (Lahat)
PT Trimegah Bangun Persada Tbk
PT Semen Padang Tbk
PT Satria Bahana Sarana
PT Timah Tbk
PT Mifa Bersaudara
PT Golden Energy Mines Tbk
PT Cipta Kridatama – Area Sumatera (KIM & DMP Project)
PT Mustika Indah Permai
PT United Tractors Tbk