56 Desa di OKI Memilih Pemimpin

Berita, Daerah99 Dilihat

OKI, hainews.id – Kegiatan tahapan Pilkades serentak di 56 Desa yang tersebar di 16 Kecamatan Kabupaten OKI tahun 2023 ditekankan menjadi fokus utama dalam kegiatan  yang menekankan pentingnya pelaksanaan Pilkades yang berintegritas dan transparan.

Kepala Dinas PMD Kabupaten OKI Ari Mulawarman SSTP melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelembagaan Rudi Kurniawan mengatakan, sangat pentingnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses tahapan Pilkades berlangsung sampai dengan proses pelantikan kades terpilih terkait dengan kegiatan PMD saat ini telah melakukakn sosialisasi kepada panitia dan para saksi Cakades tentang teknis terkait pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten  OKI Tahun 2023.

Ia berharap agar para calon kepala desa dapat menjaga situasi di desanya masing-masing dalam mendukukung proses pelaksanaan pillkades dengan berjalan aman lancar dan kondusif.

“Kepada Kami seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat untuk dapat mendukung situasi keamanan dan ketertiban umum dengan telah berlangsungnya prosea tahapan Pilkades di masing-masing desa,” katanya, Jumat (23/6/2023).

Menurutnya, sudah menjadi tugas bersama lapisan masyarakat harus bersama – sama bersinergi supaya tetap kondusif.

“Kita dapat menjaga situasi yang tetap kondusif hingga saat ini serta  mendukung dan mengawal pihak panitia dalam proses menjalankan tahapan pilkades dengan peraturan yang telah ditetapkan demi terciptanya situasi aman dan kondusif,” katanya.

Hingga saat ini tahapan proses pilkades telah memasuki massa tenang dari tanggal 23 s/d 25 Juni 2023.

Dimana Para Calon Kepala Desa (Cakades)  di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Senin (26/6/2023) nanti, diminta berkomitmen  menciptakan kondisi yang kondusif dengan menjaga keamanan dan ketertiban di desanya.

Dimana jumlah seluruh calon kades di 56 Desa yang tersebar di 16 Kecamatan Kabupaten OKI yang akan mengikuti Pilakdes serentak tahun 2023, berjumlah 139 orang Calon Kades telah melaksanakan deklarasi damai terhadap calon Kades yang akan maju dalam pilkades serentak Kabupaten OKI dimana pelaksanaan kegiatan deklarasi damai dilaksanakan di masing – masing kantor kecamatan yang desanya ikut dalam pilkades.

Pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas PMD Kab. OKI mengharapkan dalam proses pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2023 agar tetap berjalan lancar tanpa menimbulkan permasalahan sampai dengan proses tahapan Pilkades selesai.(ril)