Alam Ganjar Ajak Anak Muda Palembang Lebih Kreatif di Acara SatSet Juara

Berita, Palembang37 Dilihat

Palembang, Hainews.id  – Alam Ganjar putra Calon Presiden (Capres) 2024 nomor urut 3 Ganjar Pranowo menggelar acara SatSet Juara di Canton Park, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (24/1/2024). Acara ini digelar bersama Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Sumsel dan Tim Paemenangan Muda (TPM) Ganjar- Mahfud Sumsel dalam rangka melanjutkan program konsolidasi pemenangan.

Kegiatan ini melibatkan ratusan anak muda yang didominasi pelajar, mahasiswa dan mahasiswi yang ada di Palembang. Teknis kegiatan yakni kuis dengan menjawab pernyataan melalui sistem eliminasi.

Peserta yang mampu bertahan dan menjawab pertanyaan hingga akhir dinobatkan sebagai pemenang. Alam Ganjar pun ikut berpartisipasi dalam kuis tersebut hingga babak empat besar. Alam mengaku senang dan asyik bisa bermain bersama anak muda Palembang.

Melalui kegiatan ini, sekaligus meningkatkan kepedulian anak muda dalam hal pendidikan.

“Tadi sih kita main asyik gimana caranya bisa meningkatkan wawasan terkait pengetahuan dan cara-cara kreatif untuk anak muda di sini. Banyak juga materi yang dibawakan dan macam-macam, harapannya di sini lebih mendorong untuk lebih kreatif,” ujar Alam, Rabu (24/1/2024). Menurutnya hal tersebut sebagai salah satu sarana bagaimana generasi muda bisa terlibat memanfaatkan waktu dengan mencari relasi dan menentukan pilihan hidup secara bijak.

“Tujuan utama dari sini bagaimana kita bisa memanfaatkan platform yang ada karena banyak sekali platform digital yang sangat luar biasa, tinggal bagaimana kita bisa mengatur cara memanfaatkannya secara bijak,” katanya. Ditanya terkait peran pemuda sebagai agen perubahan, Alam mengungkapkan bagaimana kontribusi anak muda dalam mengawal proses demokrasi dan berpartisipasi dalam menentukan arah kebijakan.

“Kolaborator dan aspirator jadi kita butuh sosok pemimpin yang mampu melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk anak muda dalam proses kebijakannya. Sebab demokrasi di sini seringkali melupakan hal bersifat check and balance dalam melibatkan masyarakat untuk mengambil alih partisipasi kebijakan,” ucapnya.

Apalagi populasi anak muda yang kian hari jumlahnya semakin banyak. Tentu kesempatan dalam memanfaatkan usia produktif jadi peran kunci anak muda dan pemerintah agar keberlangsungan Indonesia ke depan semakin maju.

“Anak muda populasinya memiliki presentase yang cukup tinggi sehingga proses pelibatan anak muda dalam proses demokrasi itu harus terus dilibatkan agar tujuan kita terpenuhi,” katanya. Menurutnya, salah satu cara keterlibatan anak muda yakni dengan memilih sosok pemimpin yang mempunyai ide, gagasan serta orientasi menghimpun kebutuhan anak muda.

Selain itu, Alam pun mendapatkan sepucuk surat aspirasi dari teman disabilitas yang memintanya bisa menyampaikan pesan untuk Ganjar-Mahfud terkait kesejahteran dari teman disabilitas.

“Tadi kami mendapat surat aspirasi dari teman disabilitas yang isinya meningkatkan kesejahteraan mereka. Sehingga perlu adanya tindakan afirmasi yang bisa meningkatkan kesejahteraan mereka salah satunya dengan memprioritaskan program pendidikan dan membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya.