Bank Sampah Prabumulih Binaan PLN UID S2JB Unjuk Produk Pada Event Ekoregion Sumatera KLHK Tahun 2024

Berita, Ekonomi47 Dilihat

Palembang, Hainews.id – Mitra Binaan PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB), Bank Sampah Prabumulih (BSP), turut serta dalam pameran produk UMKM dengan menampilkan hasil olahan sampah yang telah menjadi produk bernilai guna.

Pameran tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan mengusung “Kolaborasi dan Sinergitas Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Barbasis Landscape dan Senscape di Ekoregion Sumatera”.

Kegiatan ini diselenggarakan, Kamis (16/5/2024) di Hotel Aryaduta Palembang dengan menghadirkan berbagai UMKM Unggulan di Provinsi Sumatera Selatan.

BSP menjadi mitra yang dipilih pada pameran kali ini karena memenuhi kualifikasi berdasarkan evaluasi dari KLHK. Selain itu, BSP juga merupakan mitra binaan PLN yang berhasil masuk peringkat 5 terbaik Bank Sampah Induk se-Indonesia dan telah mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Mewakili Gubernur Sumatera Selatan, Staff Ahli bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs H Koimudin SH MM, menyampaikan bahwa tema kegiatan kali ini sangat mendukung komitmen Provinsi Sumsel dalam mewujudkan keseimbangan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Terkait pembangunan berkelanjutan, Provinsi Sumatera Selatan telah berkomitmen untuk mewujudkan keseimbangan antar aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Kami sangat berterima kasih KLHK telah mempercayakan Sumatera Selatan untuk kegiatan ini yang tentunya mendukung komitmen tersebut,” tutur Koimudin.

BSP memamerkan produk unggulannya berupa sabun mandi, detergen, sabun cuci piring ramah lingkungan, charcoal enzym, ecoenzyme, dan beberapa aksesoris dan kerajinan kraft daur ulang.

Selain menghadirkan berbagai produk ramah lingkungan, Bank Sampah Prabumulih (BSP) juga menawarkan pelatihan edukasi lingkungan berupa cara membuka bank sampah, cara pengelolaan limbah domestik rumah tangga, hingga cara mengajak masyarakat untuk mau menjaga lingkungan.

“Hari ini kami sangat bangga sekali bisa mengikuti pameran dimana Bank Sampah Prabumulih menjadi satu-satunya UMKM yang bergerak di bidang daur ulang limbah rumah tangga. Alhamdulillah barang-barang kami di terima dengan baik dan antusias oleh peserta. Ada sekitar 300 pengunjung dan peminat produk kita,” ujar Manager Bisnis dan Operasional Bank Sampah Prabumulih.

General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, mengatakan dengan unjuk produk BSP di Pameran Ekoregion Sumatera ini, besar harapan Mitra dibawah naungan PLN UID S2JB dapat lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat.

“Ini menjadi salah satu upaya kami guna memperkenalkan UMKM yang dibina serta memperluas pasar bagi mereka, sehingga mitra kami dapat meningkatkan daya saingnya dan memberikan kontribusi positif dalam bidang lingkungan hidup” pungkas Adhi.