Ini Manfaat Kurma untuk Berbuka Puasa

Berita, Kesehatan, Ragam494 Dilihat

Palembang, hainews.id – Kurma menjadi salah satu makanan yang khas dan dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Bukan tanpa alasan, ternyata makanan yang memiliki rasa manis ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Buah kurma sendiri berbentuk oval hingga silindris, panjang 3–7 cm, dan diameter 2–3 cm. Kurma matang berkisar dari kuning keemasan, kuning, merah cerah hingga coklat tua tergantung pada jenis kultivar.

Dari sekian banyak buah kurma, varian yang paling diunggulkan karena rasanya adalah ‘Amir Haji,’ ‘Saidy,’ ‘Khadrawy’ dan ‘Medjool’. Walaupun banyak jenisnya namun pada intinya sama, sebab, buah kurma kaya gizi dan bermanfaat.

Ada berbagai manfaat sehat yang bisa didapat tubuh jika rutin mengonsumsi buah kurma saat berbuka. Seperti dirangkum berbagai sumber, berikut manfaatnya:

 

1. Mengontrol Kadar Gula Darah
Lonjakan kadar gula darah saat berbuka puasa menjadi satu hal yang harus diwaspadai. Untuk itu, memilih jenis makanan yang bisa menghindari lonjakan kadar gula adalah hal yang harus dilakukan.

Salah satu jenis makanan yang bisa menjadi pilihan adalah kurma. Meski memiliki rasa yang manis, kurma tidak akan menyebabkan kadar gula darah melonjak.

Justru, kandungan serat yang ada pada buah kurma ternyata bisa membantu mencegah kadar gula darah meningkat drastis. Kurma juga bisa membantu mengontrol gula darah, karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

 

2. Mencegah Konstipasi
Saat puasa, konstipasi menjadi salah satu keluhan yang sering terjadi. Dan ternyata, konsumsi kurma bisa membantu mengatasi masalah ini.

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari konsumsi kurma adalah mencegah susah buang air besar alias konstipasi. Hal itu berkat kandungan serat yang sangat tinggi dalam buah kurma.

 

3. Mencegah penyakit Alzheimer
Rutin mengonsumsi buah kurma ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan otak, termasuk mencegah penyakit Alzheimer. Mengonsumsi kurma disebut sangat bermanfaat dalam menurunkan tanda-tanda peradangan, yang berkaitan dengan risiko penurunan fungsi saraf.

Meski memiliki segudang manfaat, konsumsi kurma saat berbuka puasa sebaiknya tidak berlebihan. Sebab, makanan ini mengandung gula dan kalori yang cukup tinggi.

Jadi untuk mendapat manfaat sehat dari kurma, sebaiknya konsumsi secukupnya saja. Sebab, yang terlalu berlebihan juga tidak baik nagi kesehatan.

 

4. Detoksifikasi
Kurma juga bisa membantu proses detoksifikasi, yaitu mekanisme untuk membuang atau menetralkan racun di dalam tubuh. Ini karena kurma mengandung jenis gula yang sederhana, mudah diserap, mengandung elektrolit, dan mineral penting untuk tubuh.

Sehingga, saat anda berbuka puasa dengan kurma harus dilanjutkan dengan minum air putih. Maka beban pencernaan akan berkurang dan memudahkan proses detoksifikasi di dalam tubuh.

 

5. Meningkatkan Energi
Kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Sebab, kandungan gula alami tersebut dapat memulihkan tubuh dan memberikan energi yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, buka puasa dengan kurma adalah cara yang tepat untuk mengembalikan energi yang hilang. Apalagi bagi anda yang memiliki aktivitas banyak selama menjalankan puasa penuh.