LPPTKA BKPRMI Sumsel Sukses Gelar Rakorwil

Berita, Daerah99 Dilihat

Palembang, hainews.id – Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al Qur’an (LPPTKA) Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sumatera Selatan menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di Gedung Diklat BKPRMI Km. 9 Palembang, Sabtu-Ahad (11-10 Juni 2023)

Hadir pada acara tersebut Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Kabid PAKIS) Kanwil Kemenag Sumsel Hj. Evi Zurfiana Azom, SE, M.Pd.I mewakili Kakanwil Kemenag Sumsel, Ketua Yayasan Syababul Kahfi Ust. Sohiri, M.Phil, Ketua Umum DPW BKPRMI Sumsel Ust. Firdaus, SH, Ketua Umum DPD BKPRMI dan Direktur Daerah (Dirda) LPPTKA Kabupaten dan Kota se-Sumsel dan Direktur Wilayah (Dirwil) LPPTKA Sumsel H. Zulfikar Ali Fajri, S.Ag, M.Si, yang juga Ketua Pelaksana acara ini.

Zulfikar menyebutkan, acara ini merupakan tindaklanjut dari Rakerwil DPW BKPRMI Sumsel yang telah dilaksanakan Januari 2023 di Kota Prabumulih. Kala itu Rakerwil diikuti seluruh utusan DPD BKPRMI Kabupatan dan Kota se-Sumsel.

Lebih lanjut, Zulfikar mengatakan, diantara agenda utama yang dibahas pada Rakorwil ini rencana kegiatan Pekan Gema Al Qur’an dan Muslim Fest yang bekerjasama dengan kementerian Agama (Kemenag) Sumsel, Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), Forum Pondok Pesantren (Forpes) dan Rumah Tahfidz Indonesia (RTI).

“Rencananya acara ini akan dilaksanakan pada bulan September 2023. Disamping itu, juga akan diagendakan kegiatan ujicoba munaqosyah (ujian santri) online bagi santri TK/TPA BKPRMI se-Sumsel,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum DPW BKPRMI Sumsel Ust. Firdaus, SH mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk dari semangat BKPRMI dalam berbuat dan bermanfaat untuk umat.

Untuk itu, Firdaus menegaskan jajaran BKPRMI di semua tingkatan harus menjaga komitmen, untuk tetap memperjuangkan dan membesarkan BKPRMI sebagai bagian dari ikhtiar menambah bekal akhirat dan meraih syurgaNYA.

Terkait dengan rencana kegiatan yang sudah disepakati, Firdaus mengimbau, agar semua tim yang terbentuk dari berbagai elemen dan lembaga, harus tetap melakukan koordinasi, sehingga kegiatan yang diinginkan akan terwujud sebagaimana harapan bersama.

“Silahkan berkoordinasi untuk menyukseskan agenda kegiatan yang ada. Ini untuk menunjukkan semangat BKPRMI dalam berbuat dan bermanfaat unutk umat,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Evi Zurfiana Azom, SE, M.Pd.I, Kabid PAKIS Kanwil Kemenag Sumsel, mewakili Dr. Syafitri Irwan, M.Pd.I, Kakanwil Kemenag Sumsel mengatakan, Kemenag Sumsel menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada BKPRMI Sumsel, khususnya LPPTKA yang telah berkontribusi dalam peningkatan kemampuan baca tulis Al Qur’an di Sumsel.

Menurut Evi, Kemenag Sumsel akan terus mendukung program-program BKPRMI, terutama yang menyangkut Lembaga Pendidikan Al Qur’an (LPQ) sebagai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) bidang PAKIS.

Lebih lanjut, Evi berpesan kepada jajaran BKPRMI Sumsel, agar selalu mengikuti perkembangan teknologi, terutama aplikasi yang berkaitan degan regulasi di LPQ.

“LPPTKA BKPRMI juga sebaiknya selalu mengikuti perkembangan, terutama mengenai aplikasi dan regulasi yang berkaitan dengan LPQ,” tegasnya. (**)