Musim Penghujan, PLN Imbau Warga Waspada

Berita, Daerah328 Dilihat

Muara Enim, Haines.id – PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Muara Enim kembali mengimbau masyarakat untuk lebih waspada disaat musim penghujan. Kondisi hujan lebat disertai angin kencang kerap kali menyebabkan pohon tumbang dan mengenai jaringan listrik, sehingga menyebabkan suplai listrik ke sebagian wilayah terganggu.

Manager PLN Unit Layanan Muara Enim, Irfan Maulana, mengatakan bahwa pihaknya tengah gencar memonitor potensi bahaya terhadap jaringan dan melakukan pemangkasan pohon untuk menjaga jarak aman pohon dengan jaringan listrik.

“Kami berupaya mengoptimalkan kegiatan right of way (ROW) jarak aman 3 meter dengan melakukan pemangkasan pohon agar potensi pohon tumbang dan mengenai jaringan listrik dapat diminimalisasi”. kata Irfan

Irfan menghimbau masyarakat untuk melaporkan kepada PLN jika ada potensi bahaya pohon yang mengenai jaringan listrik.

“Meskipun ROW ini dilakukan secara periodik, beberapa tanaman cepat sekali tumbuhnya. Kadang baru beberapa waktu petugas pangkas, sudah rimbun lagi. Oleh karena itu, kami mohon kerjasama masyarakat dalam kegiatan ROW dan tanam tumbuh. Hubungi kami di unit terdekat atau PLN Mobile jika menemukan potensi bahaya yang dapat mengganggu suplai listrik” tutur Irfan.

Himbauan ini disampaikan Irfan lantaran sempat terjadi hujan deras yang mengakibatkan pohon tumbang dan mengenai tiang listrik pada tanggal 14 dan 24 Februari lalu, sehinggan suplai listrik ke Kelurahan Muara Enim terganggu. Ia mengatakan, saat musibah tersebut terjadi, pihaknya segera melakukan konfigurasi jaringan dan memasang unit gardu bergerak.

“Saat bencana beberapa waktu lalu, kami segera melakukan konfigurasi jaringan, mengganti tiang beton yang tertimpa pohon tumbang, serta memasang Unit Gardu Bergerak untuk supply listrik pelanggan terdampak” terang Irfan.

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Lahat, Teguh Aang Rahmadi, mengatakan pada awal tahun 2024 ini PLN ULP Muara Enim telah melakukan pemampasan pohon sepanjang 20km pada jaringan yang mensupply listrik Kelurahan Muara Enim, melakukan inspeksi terhadap 108 gardu, dan memasang alat proteksi petir.

“PLN ULP Muara Enim telah melaksanakan pemampasan pohon sepanjang 20km pada jaringan yang mensupply listrik Kelurahan Muara Enim, melakukan inspeksi terhadap 108 gardu, dan memasang alat proteksi petir. Namun kami tetap mohon support masyarakat, khususnya dalam hal tanam tumbuh dan info potensi bahaya agar tim lapangan dapat bergerak cepat” pungkas Aang. (**)