DPD HIPMI SUMSEL Gandeng AKLINAS Percepatan Program Pemerintah Pasang PLTS Atap “On-grid”

Berita, Ekonomi218 Dilihat

Palembang, Hainews.id –  DPD HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) SUMSEL dan DPD AKLINAS (Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia Nasional) SUMSEL lakukan Audensi ke GM PT. PLN (Persero) UID S2JB (Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu).

Amris Adnan selaku GM bersama Tim PLN UID S2JB menyambut baik kedatangan Ketua DPD HIPMI SUMSEL dan Ketua DPD AKLINAS SUMSEL yang membawa gebrakan Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Atap “On-grid untuk Sementara Selatan.

Ketua DPD HIPMI, Kgs. Hermansyah Mastari menyampaikan bahwa guna mendorong pemanfaatan energi surya yang ramah lingkungan untuk pembangkitan tenaga listrik menggunakan sistem pembangkit listrik tenaga surya atap yang digunakan untuk kepentingan sendiri, perlu dilakukan peningkatan mutu pelayanan pembangunan dan pemasangan sistem pembangkit listrik tenaga surya atap.

Sambung Herman sapaan akrabnya, dalam penerapan Permen Nomor 26 Tahun 2021,ada perubahan tinggal tunggu waktu nya saja sesuai dengan acara sharing session standar pemasangan instalasi PLTS atap yang telah di adakan Ditjen gatrik pada tanggal 17 Juli 2023 Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap Yang Terhubung Pada Jaringan Tenaga Listrik Pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum,

“Dan dalam rangka ke perpihakkan BUMN pada pengusaha lokal khususnya di Sumatra Selatan, dibutuhkan orang-orang yang berkomitmen menegakkan regulasi Keselamatan ketenagalistrikan dan secara keteknikan, oleh sebab itu DPD HIMPI SUMSEL menggandeng DPD AKLINAS SUMSEL yang kami anggap mumpuni dibidang ketenagalistrikan,” urainya pengusaha muda ini kepada awak media, Senin (24/7) di Kantor PLN UID S2JB usai audiensi.

Ketua DPD AKLINAS SUMSEL, Budi Mismanto menjelaskan prinsipnya yang dimaksud PLTS on-grid yaitu terkoneksi ke jaringan listrik PT. PLN sehingga tidak perlu menggunakan baterai, ungkapnya.

Konsumen on-grid dengan PLN tidak di batasi kapasitasnya, kedepannya HIPMI siap menjadi stockis material PLTS atap yang terkandung komponen dalam negeri minimal 40%/TKDN nya di Sumatra Selatan, yang akan mendorong program pemerintah ini agar cepat tercapai target energi baru terbarukan PLTS atap dan akan segera berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Sumatera Selatan guna pemasangan PLTS di kantor-kantor dinas dan swasta maupun rumah tangga masyarakat oleh Badan Usaha Tenaga Listrik yang sesuai kompetensi regulasi,

“Apabila anggota HIPMI ada yang mau menserkomkan tenaga tehnik nya dan memproses sertifikat Badan Usaha/SBU bisa dibantu DPD AKLINAS atau menghubungi ke 0811713181,” pungkasnya. (**)