Gunung Dempo Semburkan Asap Putih

Berita, Daerah116 Dilihat

Pagaralam, Hainews.id – Gunung Dempo yang berada di Kota Pagar Alam kembali mengalami erupsi pada siang tadi, Senin (21-8-2023).

Bahkan erupsi kali ini dapat disaksikan secara langsung oleh tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang tengah memasang CCTV di sekitar bibir kawah gunung tersebut.

Rekaman video yang beredar memperlihatkan semburan asap dan bunyi gemuruh saat kawah Gunung Dempo meletus. Dalam video tersebut terdengar suara panik yang diduga berasal dari anggota tim PVMBG yang tengah berada di puncak gunung dan mengajak rekan-rekannya untuk segera turun dari puncak.

Meskipun petugas PVMBG/Pos Pemantau Gunung Dempo belum dapat dihubungi untuk memberikan keterangan mengenai kejadian ini, seorang anggota Brigade Badan Registrasi Pendakian Gunung Dempo memberikan informasi terkait insiden tersebut.

Ketua Brigade, Arindi, mengonfirmasi bahwa salah satu anggota tim PVMBG yang ikut dalam kegiatan pemasangan CCTV di sekitar kawah secara langsung menyaksikan erupsi Gunung Dempo dan sempat mengalami kepanikan.

Meskipun demikian, tim PVMBG memastikan bahwa erupsi tersebut bersifat dangkal, sehingga mereka masih sempat menyelesaikan tugas pemasangan CCTV.

“Anggota kami yang ikut dalam pendakian bersama tim PVMBG siang tadi membenarkan bahwa mereka menyaksikan langsung erupsi tersebut. Selain anggota kami di puncak, terdapat juga tujuh anggota PVMBG dan beberapa pendaki asal Manna, Bengkulu Selatan,” ungkap Arindi pada Senin (21-8-2023).

Arindi menambahkan bahwa berdasarkan penjelasan dari PVMBG terkait kondisi Gunung Dempo, pihaknya belum mengambil langkah untuk menutup jalur pendakian.

Namun, mereka tetap memberikan saran kepada para pendaki untuk menjauhi bibir kawah gunung sebagai tindakan pencegahan.

“Pendaki tetap dihimbau untuk menjauhi bibir kawah dan dilarang keras untuk melakukan aktivitas bermalam di puncak Gunung Dempo,” pungkasnya,