Pengendara Mobil Listrik Lintas Propinsi Tidak Perlu Khawatir, Walikota Lubuklinggau Resmikan SPKLU

Berita, Ekonomi618 Dilihat

Lubuklinggau, hainews.id  – Pengendara Mobil Listrik Lintas Propinsi Tidak Perlu Khawatir

Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan menambah lagi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ke lima, atau yang pertama dengan lokasi super strategis di Kota Lubuklinggau.

Walikota Lubuklinggau, Drs H SN Prana Putra Sohe MM didampingi, General Manager PLN UID S2JB, Amris Adnan, jajaran manajemen PLN serta Forkopimda Kota Lubuklinggau meresmikan SPKLU yang berlokasi di PLN ULP Lubuklinggau, Kamis, (12/1/2023).

Dalam laporannya, Manager PLN UP3 Lahat, Muhammad Syafdinnur menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam pembangunan SPKLU pertama di Kota Lubuklinggau ini.

“Kendaraan listrik sudah mulai banyak dilirik masyarakat, apalagi Lubuklinggau memiliki lokasi yang sangat strategis. Disini banyak kendaraan melintasi kota ini, baik yang akan menuju Bengkulu ataupun Jambi. Semoga setelah ini semakin banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik sehingga pembangunan SPKLU dapat terus dilaksanakan seiring dengan perkembangan pengguna kendaraan listrik.” Pungkas Syafdinnur.

“Pembangunan SPKLU di Lubuklinggau sudah dimulai sejak Oktober 2022, akhirnya dapat kita resmikan hari ini, 12 Januari 2023. Tentu keberhasilan pembangunan SPKLU tidak terlepas dari PLN ULP Lubuklinggau dan dukungan penuh dari Pemerintah Kota.” kata Syafdinnur.

Jumlah SPKLU di seluruh Indonesia saat ini telah mencapai sebanyak 569 mesin dan pada wilayah kerja UID S2JB sebanyak 7 SPKLU.

SPKLU di Provinsi Lubuklinggau memiliki 3 konektor, yang dapat melakukan pengisian fast charging dan medium charging. Penggunaannya cukup dengan mendownload aplikasi PLN Mobile. Durasi penuh pengisian pun hanya sekirar charge 40 menit, dengan jarak tempuh 370 kilometer.

General Manager PLN UID S2JB, Amris Adnan dalam sambutannya mengatakan bahwa PLN akan terus berkomitmen untuk mendorong penggunaan energi rendah karbon dan ramah lingkungan dengan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) serta mengkampanyekan gaya hidup Electrifying Lifestyle dengan penggunaan kendaraan listrik. Energi bagi kendaraan listrik adalah dalam upaya menggantikan energi fosil yang selama ini digunakan.

“Pembuatan SPKLU ini merupakan salah satu dukungan PLN dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat, seiring banyaknya masyarakat yang mulai menggunakan kendaraan listrik.” jelas Amris.

PLN siap untuk mendukung transisi energi di Lubuklinggau dengan menyiapkan infrastruktur kelistrikan. Pihaknya pun siap mendukung program pemerintah dalam kendaraan bermotor listrik dengan menyiapkan infrastruktur SPKLU.

“Bila menggunakan kendaraan berbasis listrik, maka terjadi penghematan yang didapat pada kendaraan listrik yang hanya memakan biaya operasional 20 persen dibandingkan kendaraan konvensional.” Jelas Amris.

“Keuntungan lain yang didapatkan dari kendaraan listrik adalah meminimalisir polusi suara dan polusi udara. Kami sangat berharap dukungan Walikota Lubuklinggau untuk mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik. Dengan kendaraan listrik kita harap target Zero Emission pada tahun 2060 mendatang dapat kita capai,” Tambah Amris.

Drs. H. SN Prana Putra Sohe, M.M. mengungkapkan pemerintah sangat berterima kasih kepada PLN yang telah membangun SPKLU di Kota Lubuklinggau. Ini menjadi bukti bahwa Kota Lubuklinggau adalah kota yang maju sehingga dengan dibangunnya SPKLU ini semoga masyarakat Kota Lubuklinggau dapat memiliki mobil listrik sendiri.

“Sangat bersyukur Lubuklinggau dipilih sebagai tempat pembangunan SPKLU, ini merupakan bukti Kota Lubuklinggau ini sudah maju dan Saya berdoa yang hadir disini semuanya dapat memiliki kendaraan listrik. Mobil listrik ini sangat nyaman digunakan, tidak ada suara sehingga tenang dalam berkendara. Saya ucapkan selamat kepada PLN atas diresmikannya SPKLU, semoga masyarakat Kota Lubuklinggau dapat memanfaatkan SPKLU ini dan masyarakat di luar Kota Lubuklinggau dapat mampir kesini.” papar Nanan-sapaan akrab wako.

Seusai peresmian, Walikota bersama dengan General Manager PLN UID S2JB melakukan demo charging pengisian baterai mobil listrik sekaligus test drive mobil listrik dengan berkeliling sesaat di sekitar kota Lubuklinggau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 komentar