Sepekan Munggah Seni, SMB IV Ajak Semua Pihak Bersinergi Agar Seniman Dapat Ruang Berekspresi

Berita, Ragam428 Dilihat

Palembang, hainews.id – Menyambut Tahun Baru 2023, Hotel The ALTS Palembang menggelar “Sepekan Munggah Seni.  Pembukaan acara di gelar di lobby Hotel The Alts Palembang, Sabtu (24/12) sore

Acara itu dihadiri Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH MKn, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Susmel Aufa Syahrizal Sarkomi, Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati, General Manager Hotel The Alts Palembang Rizky Dermawan, perwakilan Bank Mandiri Palembang, Budayawan Sumsel Anwar Putra Bayu, Vebri, Al Lintani, seniman Palembang Iqbal J Permana, Fir Azwar, Edi Fajyuni, Marta Astra Winata, Eriq Zain, Sadariyanto, Rudi Maryanto, Rianto, Fajar Agustono, Sujariwo, Syamsul Muarif dan Rizky Dermawan.

Program Sepekan Munggah Seni yang juga menggandeng para seniman atau perupa di Palembang dan Bank Mandiri ini akan berlangsung dari tanggal 24 Desember 2022-01 Januari 2023 yang menghadirkan seniman top Palembang yang akan berkolaborasi. Sebut saja diantaranya seniman lukis seperti Iqbal J Permana, Fir Azwar, Edi Fajyuni, Marta Astra Winata, Eriq Zain, Sadariyanto, Rudi Maryanto, Rianto, Fajar Agustono, Sujariwo, Syamsul Muarif (pematung) dan Rizky Dermawan (seniman keramik).

Berbagai hasil karya di tampilkan langsung saat memasuki lobby The Alts Hotel dan Pre-Function Room yang terletak di lantai 2.

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn menilai mengapresiasi apa yang dilakukan pihak Hotel The Alts Palembang dengan membuat acara ini kepada seniman yang selama ini kurang promosi.
“ Sebenarnya banyak sekali potensi-potensi seniman lokal , karena kurang promosi dan kurang ruang berekspresi sehingga mereka tidak menjadi besar dan tidak terdengar gaungnya,” katanya.

SMB IV berharap kedepan bukan hanya Hotel The Alts Palembang tapi hotel-hotel lain bersama-sama bersinergi bagaimana membentuk jaringan supaya seniman lokal lebih dihargai dan mendapat ruang berekspresi.

Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati berterima kasih kepada pihak Hotel The Alts Palembang yang memberikan sarana, tempat untuk para seniman berekspresi.

“Karena seniman ini harus terus kita dukung, apalagi ini ini seniman-seniman Sumatera Selatan yang harus kita suport, semoga saja tidak di Hotel Alts ditempat lain saya menghimbau agar diberikan tempat bagi para seniman kita bisa berekspresi,” katanya.
Lukisan yang ditampilkan ini menurut politisi Partai Golkar ini tidak kalah dengan lukisan yang ditampilkan dan dipamerkan di bandara di Semarang.

“Saya berharap ini juga di endorse di pihak Angkasan Pura Palembang, saya akan sampaikan nanti, dan saya minta lukisan-lukisan ini di pamerkan di bandara kita,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi mengapresiasi acara tersebut.

“Jadi seniman kita kini ada tempat, ada wadah , ada ruang yang diberikan , selamat buat Hotel The Alts Palembang, luar biasa,” katanya.

Pengurus Komunitas Budaya Batanghari Sembilan (Kobar Sembilan) Fir Azwar mengatakan, dalam pameran ini pihaknya menghadirkan hasil karya seniman top Palembang seperti diantaranya, lukisan jenis Lebak Teratai, Sedasir Ngape Ditimbak, Pulun Boye, Kerbau Rawa, Harimau Sumatera, Harmoni Kehidupan serta lain-lainnya.

“Ini hasil karya seni para seniman di Kota pempek yang akan dijual untuk para pengunjung dengan berkisar Rp5 juta hingga Rp150 juta,” ujar Fir Azwar.

Fir Azwar juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Hotel The Alts Palembang.

“Karena untuk di hotel ini sangat berat bagi seniman. Intinya saya bangga dengan Hotel The Alts Palembang serta pihak terkait lainnya yang telah membantu program tersebut,” katanya.

Sementara, General Manager Hotel The Alts Palembang Rizky Dermawan menambahkan, pihaknya baru pertama dan satu-satunya hotel di Palembang yang menghadirkan seniman.

“Ini karya para seniman sangat Top di Palembang, apalagi kami melihat para pengunjung banyak melihat seni yang ditampilkan,” kata Rizky Dermawan.

Ia mengaku sangat mensuport sekali kepada para seniman yang ada di Kota Palembang.

“Untuk itu, kami mengajak kepada anak-anak serta pihak terkait lainnya segera bermain di Hotel The Alts, apabila anda sudah ke sini kami pastikan bisa belajar, bermain dan bisa bertemu langsung kepada para seniman di Kota Palembang,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 komentar